Advertisement

Kunjungan Wisatawan di Jogja saat Libur Imlek Tak Meningkat Signifikan

Triyo Handoko
Minggu, 22 Januari 2023 - 22:57 WIB
Sunartono
Kunjungan Wisatawan di Jogja saat Libur Imlek Tak Meningkat Signifikan Suasankunjungan wisatawan di Tamansari yang meningkat tapi tidak terlalu signifikan, Minggu (22/1/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Libur Imlek membuat kunjungan wisatawan di Jogja meningkat. Namun peningkatan tersebut tak signifikan. Dua objek wisata di Jogja yaitu Keraton dan Tamansari mencatat peningkatan wisatawan hanya sekitar 1,5 ribu orang per harinya.

Pada hari libur biasa kunjungan wisatawan di Keraton sekitar seribu orang perhari. Sedangkan di Tamansari sekitar 1.500 orang perhari. Pada libur Imlek 2023 ini terdapat peningkatan di dua objek wisata tersebut.

Advertisement

Pengelola wisata Keraton, Darmoseputro menyebut perhari ada sekitar 2 ribu orang selama libur Imlek. “Dari Sabtu kemarin sampai hari ini perkiraannya ada empat ribuan, rata-rata perhari dua ribuan. Meningkat tapi tidak begitu banyak, tidak seperti akhir tahun kemarin,” katanya, Minggu (22/1/2023).

BACA JUGA : Libur Imlek, Kunjungan Wisata di Breksi Justru Menurun

Darmoseputro menyebut tak ada persiapan khusus yang dilakukan pihaknya untuk menghadapi libur Imlek ini. “Karena libur tanggal merahnya pas hari Minggu juga jadi tidak ada persiapan khusus, persiapan hanya bersih-bersih saja,” ujarnya.

Berbeda dengan libur akhir tahun, jelas Darmoseputro, yang melakukan penambahan pemandu wisata. “Libur Imlek ini tidak menambah pemandu jadi seperti hari libur biasa,” jelasnya.

 Sekretaris pengelola Tamansari, Nicolaus Ardiyanto menyebut jumlah kunjungan wisatawan ke tempatnya mencapai 3 ribuan di libur Imlek ini. “Cukup lumayan peningkatannya, meskipun tidak terlalu tinggi,” katanya.

BACA JUGA : Libur Imlek, Okupansi Hotel di DIY Sudah Mencapai 85%

Nico menduga tidak terlalu signifikannya jumlah pengunjung Tamansari pada libur Imlek karena bertepatan di akhir pekan. “Jadi libur Imlek ini kan bukan libur long weekend, mungkin jadi sedikit yang memutuskan liburan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement