Advertisement

Almarhum Muhammad Prakosa Dubes RI untuk Italia Dikenal Sering Bantu Warga

Ujang Hasanudin
Senin, 23 Januari 2023 - 15:47 WIB
Sunartono
Almarhum Muhammad Prakosa Dubes RI untuk Italia Dikenal Sering Bantu Warga Suasana rumah duka almarhum Muhammad Prakoso, Dubes RI untuk Italia, Senin (23/1/2023). - Harian Jogja/Ujang Hasanudin.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Jenazah Duta Besar RI untuk Italia, Muhammad Prakosa akan dimakamkan di rumah duka di Dusun Gresik, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul, pada Selasa (24/1/2023) besok. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu meninggal dunia di Roma, Italia, pada Selasa (17/1/2023) lalu.  

Ketua RT 03 Dusun Gresik, Supandi, mengaku setelah mendapat kabar duka pada Selasa lalu ia bersama warga lainnya langsung bergerak membersihkan rumah duka dan menyiapkan kursi untuk para pelayat. Rencananya jenazah almarhum Muhammad Prakosa akan dimakamkan di sekitar rumah duka yang satu komplek dengan rumah duka.  

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Supandi menjelaskan, rumah duka tersebut merupakan peninggalan dari kakek almarhum. Sebelumnya, Prakosa disebutnya tinggal di Patehan, Jogja. Meski tinggal di Patehan, Muhammad Prakosa semasa hidupnya sering berkunjung ke rumah tersebut. Hingga akhirnya sekitar tiga tahun lalu Prakosa menempati rumah tersebut.

BACA JUGA : Kabar Duka, Dubes RI Muhammad Prakosa Meninggal Dunia

“Sebagai ahli waris, beliau kemudian membangun pendopo di rumahnya. Pendopo itu sering dipakai warga, tanpa ada pungutan,” katanya, Senin (23/1/2023).

Ia mengungkapkan sosok almarhum baik hati dan suka membantu warga bahkan sebelum almarhum menempati rumah di Gresik. Sering kali almarhum mencarikan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari berbagai perusahaan untuk kepentingan pembangunan di wilayah Gresik.

“Pak Prakosa membantu mencari CSR untuk membangun jalan, jembatan, lampu penerangan dan yang terakhir ada ambulans. Walaupun beliau tinggal di sini belum lama, baru sekitar tiga tahun tapi sudah banyak membantu, apa yang dibutuhkan warga dicarikan,” katanya.

Sejak almarhum Muhammad Prakosa dinyatakan meninggal dunia, sejumlah ucapan bela sungkawa melalui karangan bunga terus memadati rumah duka di Gresik, bahkan ada satu karangan bunga dari Presiden Joko Widodo dan keluarga. Sejumlah petinggi PDIP juga terus berdatangan untuk mempersiapkan pemakaman di rumah duka.

BACA JUGA : Megawati Minta Kader PDIP Beri Penghormatan untuk Dubes

Pada Jumat, pekan lalu perwakilan dari DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat bersama Idham Samawi didampingi Ketua DPD PDIP DIY, Nuryadi dan Ketua DPC PDIP, Joko Budi Purnomo datang ke rumah duka untuk memastikan kesiapan proses pemakaman almarhum.

Pada Senin (23/1/2023) ini persiapan prosesi pemakaman terus dilakukan, bahkan warga dan pengurus DPC PDIP melakukan gladi bersih prosesi upacara pemakaman almarhum sebelum tiba di rumah duka yang direncanakan pada Senin malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement