Advertisement

Terduga Teroris Ditangkap di Sleman, Kemenag Imbau Beragama dengan Lebih Moderat

Hadid Husaini
Selasa, 24 Januari 2023 - 20:07 WIB
Bhekti Suryani
Terduga Teroris Ditangkap di Sleman, Kemenag Imbau Beragama dengan Lebih Moderat Ilustrasi terorisme - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sleman, Sidiq Pramono menyampaikan perlunya mensosialisasikan pemahaman keagamaan yang moderat  pasca terjadi penangkapan terduga teroris yang ada di Padukuhan Jetis, Kelurahan Pandowoharjo, Sleman berinisial AW belum lama ini.

“Masyarakat Sleman warganya hidup di wilayah semi perkotaan dan juga majemuk, bahkan pemikir banyak yang lahir di Sleman, Hal tersebut wajar,” ujarnya pada Selasa (24/1/2023). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sidik mengungkapkan masyarakat Sleman hidup dalam wilayah yang dinamis. Hal itu membuat berbagai pemahaman dapat berkembang. Keahlian dalam merakit  bom dari terduga teroris menurutnya diperoleh juga dari kelompok yang memiliki tujuan yang sama.

Dikatakannya, perkembangan di era digital saat ini perlu diantisipasi oleh seluruh pihak, terutama hal yang dapat memicu timbulnya paham ekstrem. 

BACA JUGA: Warga Sleman Ditangkap Densus 88, Pakar dari UGM Sebut Ragam Kelompok yang Rentan Jadi Teroris

“Semua penggunanya [internet] diharapkan lebih berhati, terutama melakukan pengawasan terhadap para putranya, sebab betapa akses internet yg sgt mudah itu pasti membawa dampak negatif kalau tdk kriminalitas ya termasuk terorisme dan radikalisme,” ujar Sidiq.

Penangkapan terduga teroris di Sleman belum lama ini menurut Sidik dapat menjadi stigma bagi Sleman bagi sebagian orang. Meski begitu menurutnya hal tersebut tidak bisa langsung digeneralisasi.

Ditanya terkait dengan pemantauan aktifitas terorisme dan radikalisme yang terjadi di wilayah Sleman, dirinya menyebut belum menerima keterangan dari pihak terkait. “Sementara bisa disimpulkan dari luar melihat keluarga dan masyarakat di sekitarnya baik-baik saja,” kata Sidik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ingin Temui Megawati, Surya Paloh: Kita Kasih Kode-Kode Dulu

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement