Advertisement

Umat Katolik & Kristen Gelar Doa Mohon Kebersamaan Mengatasi Kemiskinan

Media Digital
Rabu, 25 Januari 2023 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Umat Katolik & Kristen Gelar Doa Mohon Kebersamaan Mengatasi Kemiskinan Suasana kegiatan doa bersama umat Katolik dan Kristen di GerejaHKBP Jogja yang berada diJl. I Dewa Nyoman Oka, Kotabaru, Selasa (24/1 - 2023).

Advertisement

JOGJA—Pekan Doa se-Dunia (PDS) yang diikuti umat Katolik dan Kristen berlangsung khidmat di Gereja HKBP Jogja, Selasa (24/1/2023). PDS tersebut menjadi ruang pertemuan umat dua agama tersebut untuk meningkatkan kekaryaan umat Kristiani dalam mengamalkan hal baik terutama mengentaskan masalah kemiskinan.

Doa dipimpin Romo Martinus Joko Lelono. Ia menyinggung agar kekaryaan umat Kristiani dapat berdampak secara luas untuk mewujudkan dunia yang lebih adil dan sejahtera. “Dia berbicara keras menentang para pemimpin yang korup dan mendukung orang-orang yang kurang beruntung, mengajarkan kebenaran dan keadilan,” katanya Selasa malam.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Romo Martinus juga mendoakan agar kerukunan dan kedamaian dapat selalu diwujudkan. “Agar terhindar dari perpecahan dan maraknya politik identitas,” ucapnya. Pendeta Eko Kurniawan juga turut mendoakan kedamian umat manusia.

“Kami merayakannya dengan hati dan mata terbuka untuk memahami dan tumbuh dalam kebijaksanaan suci yang dibagikan dan diteruskan di antara semua orang. Bantu kami untuk merangkul persatuan satu sama lain, dan saling mengingatkan bahwa kami adalah satu keluarga,” panjatnya.

Kegiatan PDS tersebut diikuti oleh 27 pendeta dari umat Kristen dan 15 romo dari umat Katolik. Ketua Perkumpulan Badan Kerjasama Antar Denominasi Kristen (BKSADK) DIY Agus Haryanto menjelaskan PDS bertujuan mempererat tali-tali persaudaraan yang memperteguh ikatan persaudaraan dengan semangat kebersamaan di antara para pemimpin dan jemaat umat Katolik dan umat Kristen.

“PDS dilakukan juga untuk menyiapkan generasi toleran lintas iman dalam ikatan ekumenis. Untuk itu kelompok sasaran termasuk orang-orang muda dari berbagai kelompok agama,” jelas Agus.

Usaha mempertemukan karya kasih Gereja-gereja Kristus, jelas Agus, perlu menjadi gerakan bersama. "Gereja-gereja Paroki tidak boleh lupa akan saudara-saudari dari Gereja-gereja lain yang ada di lingkungannya. Relasi yang tulus perlu dibangun sehingga memungkinkan adanya persaudaraan yang tulus. Pekan doa ini tentu hanya menjadi momen tahunan karena sebenarnya persaudaraan ini perlu menjadi bagian dari hidup sehari-hari," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perajin Batik Giriloyo Ini Ciptakan Batik Lukis Wajah

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement