Advertisement

Akhirnya Konstruksi Tol Jogja Solo Segera Dibangun di Kalasan, Ini Petanya

Abdul Hamied Razak
Rabu, 25 Januari 2023 - 15:27 WIB
Budi Cahyana
Akhirnya Konstruksi Tol Jogja Solo Segera Dibangun di Kalasan, Ini Petanya Pembangunan Tol Jogja Solo di Kartasura, Jawa Tengah, Selasa (20/9/2022). - JIBI/Bisnis.com/Himawan L Nugraha

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Konstruksi Tol Jogja Solo segera dibangun di DIY di Purwomartani, Kalasan, Sleman. Jalur tol Seksi 1 dari Solo ke Purwomartani ini ditargetkan bisa digunakan pada 2024.

“Persiapan konstruksi sudah dilakukan untuk paket 1.2, tepatnya di daerah Purwomartani, Kalasan,” kata Corporate Communication PT Jogjasolo Marga Makmur, pengelola Tol Jogja Solo, Ahmad Izzi, kepada Harian Jogja, Selasa (24/1/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Izzi menjelaskan pekerjaan Tol Jogja Solo tahap 1 dilaksanakan sepanjang 49,25 kilometer (km). Proyek strategis nasional (PSN) itu dibagi dalam empat paket. Peta di Paket 1.1 adalah Kartasura-Klaten sepanjang 22,300 km, dan Paket 1.2 dari Klaten-Purwomartani sepanjang sepanjang 20,075 km.

BACA JUGA: Belum Ada Titik Temu soal Tanah Sultan Grond, Pembebasan Lahan Tol Jogja Bawen Baru 65%

“Keseluruhan pekerjaan tahap 1 sepanjang 49,25 km kami jadwalkan akan selesai pada akhir triwulan 2 tahun 2024 atau Juni 2024,” katanya.

Selanjutnya, kata Izzi, Paket 2.1 dari Purwomartani-Maguwoharjo sepanjang 3,625 km dan Paket 2.2 yang dimulai dari Trihanggo sampai Sleman Junction sepanjang 3,250 km akan dibangun akhir tahun ini.

“Pengerjaan fisik paket 2.1 dan paket 2.2 dijadwalkan mulai dilaksanakan pada Triwulan 4 tahun 2023 ini,” kata Izzi.

BACA JUGA: Uang Ganti Rugi Tol Jogja Solo Beda-Beda, Warga Sleman Protes

Konstruksi Tol Jogja Solo hingga saat ini baru mencapai 26,754%. Ia optimistis pekerjaan konstruksi jalan tol Joglo berjalan sesuai target yang dipatok oleh pemerintah. “Insyaallah target penyelesaian tahap 1 pada Juni 2024 bisa diwujudkan,” katanya.

Saat ini, pembebasan lahan Tol Jogja Solo terus dilaksanakan. Uang ganti rugi setiap hari dibayarkan. Pembayaran dimotori oleh PPK Pengadaan Tanah dari Direktorat Jenderal Bina Marga-Kemen PUPR berkolaborasi dengan Kementerian ATR/ BPN, Kementerian Keuangan RI (melalui Lembaga Manajemen Aset Negara/ LMAN) dan pemda setempat.

“Kami di PT JMM selalu men-support dan mendukung kolaborasi ketiga instansi pemerintah tersebut untuk kelancaran dan kecepatan ketersediaan lahan, sehingga kegiatan pembangunan Tol Jogja Solo bisa dilaksanakan sesuai jadwal yang direncanakan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Misterius! 3 Lumpang Batu Dipercaya Warga Simpan Harta Karun Emas

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 17:30 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement