Advertisement

PT Pos Indonesia KC Bantul Launching Digitalisasi Pasar Rakyat Angkruksari Kretek Bantul

Media Digital
Sabtu, 28 Januari 2023 - 10:07 WIB
Budi Cahyana
PT Pos Indonesia KC Bantul Launching Digitalisasi Pasar Rakyat Angkruksari Kretek Bantul PT Pos Indonesia (Persero) KC Bantul Launching Digitalisasi Pasar Rakyat Angkruksari Kretek Bantul. - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Jumat, 27 Januari 2023 pukul 08.30 WIB di Pasar Angkruksari, Kelurahan Donotirto Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul, Executive Manager PT Pos Indonesia(Persero) Kantor Cabang Bantul bersama Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul serta Bank Indonesia Perwakilan Yogyakarta berkolaborasi bersama dalam acara Launching Digitalisasi Pasar Rakyat Angkruksari Donotirto Kretek Bantul.

Acara itu dihadiri juga oleh Panewu Kapanewon Kretek, Lurah Kalurahan Donotirto, Lurah Pasar Angkruksari dan seluruh Lurah Pasar se-Kabupaten Bantul dan Pengurus Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APSI) Kabupaten Bantul dan para pedagang pasar untuk bersama-sama mendukung inklusi keuangan dan literasi keuangan yang telah dicanangkan pemerintah.

Advertisement

Acara dibuka oleh Executive Manager  PT Pos Indonesia ( Persero) Kantor Cabang Bantul, Sri Handayani. Dengan dilanjutkan Ceremonial pemotongan pita yang dilakukan secara bersamaan oleh tiga pejabat dari masing-masing instansi yang terlibat yaitu  PT Pos Indonesia (Persero)Kantor Cabang Bantul, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul,serta Bank Indonesia Perwakilan Yogyakarta, yang kemudian dilanjutkan dengan mencoba bertransaksi QRIS Pospay di salah satu Kios Mekar di pasar rakyat Angkruksari.

Dalam kegiatan ini PT Pos Indonesia(Persero) menyediakan sistem pembayaran melalui QRIS Pospay di Pasar Rakyat Angkruksari agar masyarakat dan pedagang dapat melakukan berbagai transaksi secara digital (cashless society). “Kegiatan Ini merupakan momentum yang sangat penting karena merupakan awal dari kolaborasi PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Cabang Bantul dalam mewujudkan program pemerintah berkenaan dengan Digitalisasi Pasar Rakyat. Program Digitalisasi Pasar Rakyat ini selanjutnya akan dilakukan di seluruh Pasar di Kabupaten Bantul secara bertahap,” ungkap EM Pos Indonesia ( Persero) KC Bantul Sri Handayani.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Drs Agus Sulistiyana MM, menambahkan. “Digitalisasi Pasar Rakyat oleh PT Pos Indonesia merupakan program yang sesuai dengan salah satu cita-cita pemerintah kabupaten Bantul, yaitu untuk memwujudkan masyarakat bantul yang harmonis, sejahtera, berkeadilan berdasarkan Pancasila dan UUD 45 dalam bingkai NKRI yang Ber Bhineka Tunggal Ika dengan mengembangkan potensi lokal untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif, salah satunya adalah Program Digitalisasi Pembayaran dengan penggunaan Qris di pasar rakyat, sehingga masyarakat lebih mudah dalam bertransaksi.”

Dalam sambutannya, Plh. Kepala Perwakilan Bank Indonesia DIY, Harso Hutomo, mengajak agar masyarakat agar bertransaksi secara digital. Beliau melanjutkan, pembayaran menggunakan QRIS menjadi "Cemumuah" alias Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Handal. Selain itu, QRIS juga bermanfaat bagi pedagang, antara lain pedagang menjadi tidak perlu menyediakan uang kembalian.

Di tengah acara dilakukan juga penyerahan Prangko Prisma bergambar Pasar Rakyat Angkruksari Kretek Bantul oleh PT Pos Indonesia ( Persero) Kantor Cabang Bantul Kepada Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul dan Bank Indonesia Perwakilan Yogyakarta.

Diharapkan Digitalisasi Pasar Rakyat dapat diterapkan di seluruh Indonesia, mengingat program ini dapat membantu meningkatkan perekonomian. Digitalisasi Pasar Rakyat merupakan inisiatif bersama untuk melakukan transformasi digital pada proses bisnis di pasar rakyat yang bersifat end-to-end, dari proses bisnis secara offline (tunai, manual) menjadi online (nontunai, digital/berbasis apaps). (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah International

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement