Advertisement

Ada 700 Kendaraan Listrik di DIY, SPKLU Malah Belum Ada

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 12 Februari 2023 - 18:27 WIB
Arief Junianto
Ada 700 Kendaraan Listrik di DIY, SPKLU Malah Belum Ada Ilustrasi. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Selama 2022 berdasarkan data Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) ada sekitar 700 kendaraan listrik di DIY. Meskipun begitu, hingga saat ini belum ada Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di DIY. 

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKA) DIY Wiyos Santoso menyampaikan selama tahun 2022 kendaraan roda dua ada sekitar 600 kendaraan listrik, sedangkan untuk kendaraan roda empat ada 103 kendaraan listrik.

Advertisement

Meski begitu, hingga saat ini karena belum ada SPKLU di DIY, maka kendaraan tersebut mengisi daya di rumah pribadi pemilik kendaran, atau di dealer kendaraan tersebut.  “Kemarin dari pihak PLN sudah menghubungi alokasi tempat yang bisa disini, tapi kita masih belum bisa,” katanya, Minggu (12/2/2023).

Wiyos menyampaikan, sebelumnya PLN DIY telah meminta satu lokasi untuk dapat dibangun SPKLU di DIY, tetapi lokasi yang sesuai masih sulit didapatkan. 

BACA JUGA: PLN Bakal Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik di Malioboro

Beberapa tempat sempat dipertimbangkan untuk dibangun SPKLU, antara lain di kawasan Malioboro dan Kompleks Kepatihan. Namun, Malioboro sebagai cagar budaya, dan padatnya masyarakat yang ada di sana sehingga apabila dibangun SPKLU dapat berpotensi menimbulkan kemacetan menjadi pertimbangan. Sedangkan Kompleks Kepatihan yang bukan tempat umum pun menjadi pertimbangan tersendiri. 

Lokasi lain yang menjadi pertimbangan yakni Taman Parkir Abu Bakar Ali dan Taman Parkir Ngabean. Kedua lokasi tersebut hingga kini masih dipertimbangkan Pemda DIY menjadi SPKLU. 

Wiyos menyampaikan, waktu pengisian daya kendaraan listrik dapat memakan waktu sekitar satu jam sehingga diperlukan area yang luas untuk SPKLU. 

Nantinya, apabila lokasi yang memadai telah didapatkan, maka pembangungan SPKLU akan menjadi tanggungjawab PLN. “Mereka [PLN] masih meminta satu lokasi dulu [untuk SPKLU], nanti yang bangun dari PLN,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement