Advertisement

Pedagang Pasar Imogiri, Bantul Tunggu Realisasi Droping Minyakita

Jumali
Minggu, 12 Februari 2023 - 14:07 WIB
Jumali
Pedagang Pasar Imogiri, Bantul Tunggu Realisasi Droping Minyakita Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7 - 2022). Antara

Advertisement

Harianjogja.com, IMOGIRI—Sejumlah pedagang di Pasar Imogiri, Bantul mengaku sampai kini belum mendapatkan kejelasan terkait penggelontoran minyak goreng merek Minyakita dalam waktu dekat. Padahal, saat ini stok Minyakita di Pasar Imogiri telah habis.

BACA JUGA: Aturan Baru Beli Minyak Curah dan Minyakita

Advertisement

"Sudah kosong hampir 3 pekan. Saat ini saya hanya jual minyak goreng merek Hemart dan Sunco," kata salah satu pemilik warung kelontong di Pasar Imogiri, Bantul, Bu Kholib, Minggu (12/2/2023).

Minyak goreng merek Hemart dijual Rp19.800 per liter, sedangkan Sunco Rp20.800 per liter. Menurutnya, sampai saat ini belum ada kejelasan kapan Minyakita tersedia di pasaran. Karena itu, dia masih menunggu stok dan harga pasti dari minyak curah program pemerintah itu. "Untuk kepastiannya kapan juga belum ada kejelasan. Tidak hanya saya, pedagang di sini juga masih menunggu kejelasannya," lanjutnya.

Hal sama juga diungkapkan oleh pedagang di Pasar Imogiri lainnya, Suharso. "Sampai kini masih kosong stoknya. Kalau mau ya, merek lainnya, seperti Sunco, ada juga Hemart," jelasnya.

Lurah Pasar Imogiri Turadi mengungkapkan sampai saat ini masih menunggu kejelasan kapan penyaluran dan stok minyakita untuk pedagang di pasar tersebut. Sebab, hingga kini belum ada kejelasan dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Bantul terkait dengan rencana tersebut.

"Kami masih menunggu. Nantinya dapatnya berapa? Karena semua yang mengurus dari dinas," katanya.

Hanya 10 Pedagang yang dapat Minyakita

Sub Koordinator Kelompok Substansi Pengendalian Barang Pokok dan Penting, DKUKMPP Bantul, Zuhriyatun Nur Handayani mengatakan kejelasan waktu penyaluran Minyakita di Pasar Imogiri berada di tangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY. Meski demikian, DKUKMPP Bantul telah melakukan pendataan terhadap pedagang yang berhak untuk mendapatkan penyaluran Minyakita.

"Pendataan sudah dilakukan Kamis (9/2/2023) lalu. Data pun sudah kami bawa ke provinsi," ungkap Nani-panggilan akrab Zuhriyatun Nur Handayani.

Lebih lanjut Nani mengungkapkan, nantinya hanya akan ada 10 pedagang di Pasar Imogiri penerima Minyakita. Setiap pedagang itu akan menerima 12 liter setiap hari selama 28 hari. Adapun harga dari distributor yang ditetapkan ke pedagang adalah senilai Rp12.600 per liter.

"Harapannya para pedagang menjualnya tidak lebih HET (Harga Eceran Tertinggi) yakni Rp14.000 per liter. Nah, mulainya kapan? Kami masih tunggu dari provinsi," ucap Nani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement