Advertisement

Jogja Bakal Digelontor 26,8 Ton Minyakita, Ini Daftar Pasar yang Disasar

Newswire
Jum'at, 10 Februari 2023 - 10:07 WIB
Bhekti Suryani
Jogja Bakal Digelontor 26,8 Ton Minyakita, Ini Daftar Pasar yang Disasar Warga mengantre membeli minyak goreng kemasan saat peluncuran Minyakita di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (6/7 - 2022). Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan para pedagang pasar tradisional di lima kabupaten/kota bakal digelontorkan 26,8 ton minyak goreng merek Minyakita dari pemerintah untuk menekan harga komoditas itu di pasaran.

Pejabat Fungsional Pengawas Perdagangan Muda Disperindag DIY Sabar Santoso, Kamis (9/2/2023), mengatakan pasokan Minyakita tersebut akan didistribusikan pada Februari 2023 melalui PT Bina Karya Prima (BKP) dalam 28 tahap.

Advertisement

"Sekarang, kami baru mendata nama-nama pedagang yang akan menerima, begitu data masuk nanti kami sampaikan ke pusat," katanya.

Menurut dia, delapan pasar tradisonal yang akan memperoleh pasokan tambahan yakni Pasar Beringharjo, Pasar Kranggan, Pasar Demangan, Pasar Prawirotaman (Kota Yogyakarta), Pasar Gamping (Sleman), Pasar Imogiri (Bantul), Pasar Argosari (Gunungkidul), dan Pasar Wates (Kulonprogo).

Di masing-masing pasar itu, kata dia, Minyakita bakal didistribusikan ke 10 pedagang atau pengecer dengan harga di bawah harga eceran tertinggi (HET).

"Harganya untuk pedagang infonya Rp12.600 per liter, nanti mereka bisa menjual sesuai HET (Rp14.000 per liter)," ujar dia.

Menurut dia, pendistribusian kembali dilakukan setelah Kemendag menilai tidak ada lagi praktik penjualan bersyarat (tying) Minyakita oleh distributor, termasuk ke pedagang di DIY. "Otomatis sudah enggak ada, sehingga Kemendag mau mengirim," kata dia.

Berdasarkan pantauan Disperindag DIY, ia mengakui stok Minyakita di sejumlah pasar di Yogyakarta masih terbatas dengan harga jual rata-rata masih di atas HET yakni berkisar Rp15.000 hingga Rp16.000 per liter.

Sabar berharap dengan tambahan pasokan MinyaKita yang segera tiba, masyarakat di DIY bisa kembali mendapat minyak goreng bersubsidi dengan harga sesuai HET.

BACA JUGA: Klitih di Titik Nol Jogja Viral, Begini Respons GKR Hemas

"Kami berharap masyarakat tidak usah panic buying, belajar bijak dalam membeli, dan tentunya tidak harus Minyakita karena masih ada minyak premium merek lain yang stoknya melimpah," kata dia.

Sebelumnya, Kantor Wilayah VII Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menemukan dugaan praktik penjualan bersyarat (tying) Minyakita yang dilakukan dua oknum distributor di Kota Yogyakarta di tengah berkurangnya stok produk itu di pasaran.

Kepala Kanwil VII KPPU Hendry Setyawan menuturkan temuan dugaan praktik penjualan melanggar hukum itu diketahui saat lembaga itu melakukan pemantauan pada 20 Januari 2023 menyusul harga jual Minyakita di pasaran yang telah melampaui HET.

Untuk mendapatkan Minyakita, oknum distributor mengharuskan pengecer membeli paket produk yang lain.

"Kami mengedepankan proses pencegahan dengan perubahan perilaku. Namun, apabila setelah diingatkan dan diberi kesempatan untuk berubah, tapi tidak berubah, maka akan kami lakukan penegakan hukum," kata Hendry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement