Advertisement

Harian Jogja

Rusak! Ini Tiga Jalan di Jogja Prioritas Diperbaiki

Triyo Handoko
Senin, 13 Februari 2023 - 19:07 WIB
Bhekti Suryani
Rusak! Ini Tiga Jalan di Jogja Prioritas Diperbaiki Ilustrasi jalan rusak - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah akan memperbaiki sejumlah ruas jalan di Jogja tahun ini. Adapun tiga ruas jalan yang diprioritaskan untuk diperbaiki di Kota Jogja adalah Jalan Gedongkuning, Jalan Bener, dan Jalan Balirejo. Masing-masing ruas jalan yang akan diperbaiki di tiga jalan tersebut jika ditotal tak sampai 3 kilometer panjangnya.

Data Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Jogja yang bertanggung jawab atas perbaikan tersebut menyebut di Jalan Gedongkuning hanya sepanjang 1 kilometer di sisi utaranya yang diperbaiki. Sedangkan di Jalan Bener sepanjang 800 meter yang diperbaiki, dan Jalan Balirejo hanya 900 meter yang diperbaiki.

Advertisement

BACA JUGA:  TelkomClick 2023: Kesiapan Kerja Karyawan dalam Sukseskan Strategi Five Bold Moves di Tahun 2023

Kepala Bidang Jembatan dan Jalan DPUPKP Jogja Hasri Nilam Baswari menjelaskan prioritas perbaikan jalan yang dilakukan pada tiga jalan tersebut dari hasil studi dan analisa yang dilakukan pihaknya pada akhir 2022 lalu.

“Berdasarkan hasil survey kondisi jalan yang dilaksanakan di akhir 2022, ketiga jalan tersebut masuk dalam kategori rusak ringan dan perlu dilakukan perbaikan, khususnya karena di ketiga jalan tersebut sering terjadi genangan pada saat musim hujan, sehingga mempercepat kerusakan aspal,” jelasnya, Senin (13/2/2023).

BACA JUGA: Tok! Ferdy Sambo Divonis Hukuman Mati

Nilam menyebut perbaikan yang akan dilakukan meliputi pengaspalan dan perbaikan drainase. “Selama ini tiga jalan itu berlubang dan kalau hujan saluran drainasenya meluap masuk bahu jalan airnya,” katanya.

Dalam perbaikan tersebut, jelas Nilam, akan dilakukan rekayasa lalu lintas. “Rekayasa lalu lintas akan dilaksanakan terutama ketika dilakukan pengaspalan. Untuk pekerjaan minor diusahakan seminimal mungkin berdampak pada lalu lintas,” ujarnya.

Perbaikan akan mulai dilakukan, lanjut, pada Mei mendatang. “Targenya November sudah selesai perbaikan. Kami berharap masyarakat juga turut merawat jalan tersebut, terutama jangan buang sampah ke drainase karena bisa menghambat aliran air. Kalau air masuk jalan, aspal gampang rusak,” tegasnya.

BACA JUGA:  Finnet Dukung Digitalisasi Sistem Pembayaran Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja
Baca Koran harianjogja.com

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Wow! Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia, Kerugian Indonesia Diperkirakan Capai Rp3,7 Triliun

News
| Jum'at, 31 Maret 2023, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Resep Semur Jengkol, Dijamin Bikin Nambah Nasi Terus

Wisata
| Jum'at, 31 Maret 2023, 12:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement