Advertisement

Cuaca Buruk, Ini Sebaran Bencana Longsor dan Pohon Tumbang di Sleman

Anisatul Umah
Rabu, 15 Februari 2023 - 15:27 WIB
Bhekti Suryani
Cuaca Buruk, Ini Sebaran Bencana Longsor dan Pohon Tumbang di Sleman Ilustrasi angin kencang. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN Hujan lebat disertai angin kencang di Sleman pada Selasa (14/2/2023) hingga Rabu (15/2/2023) menyebabkan tanah longsor dan pohon tumbang di dua kecamatan atau kapanewon. Yakni kapanewon Prambanan dan kapanewon Cangkringan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, Bambang Kuntoro menyampaikan di kapanewon Prambanan longsor terjadi di Jalan Gedang-Candi Ijo, Gedang Sambirejo, Losari Wukirharjo, Kalinongko Kidul Gayamharjo, Mangol Gayamharjo.

Advertisement

"Dampak tanah longsor ini belum terkondisikan. Di Gayamharjo tanah longsor menutup akses jalan dan saluran air. Penangananya dengan bergotong royong," ucapnya, Rabu (15/2/2023).

Tanah longsor juga terjadi di Sendang Gayamharjo, saat ini masih proses penanganan oleh warga. Sementara di Tirto Gayamharjo terjadi pohon tumbang menutup akses jalan Jali - Gayam.

"Mengakibatkan tiang listrik doyong ke lokasi akses jalan, saat ini sudah terkondisikan," jelasnya.

BACA JUGA: Angin Kencang hingga Longsor Terjang Rumah-Rumah di Bantul

Di kapanewon Cangkringan terjadi pohon tumbang di dua titik. Di Kalitengah Kidul pohon tumbang menimpa kandang, sementara di Dliring Argomulyo pohon kelapa tumbang melintang di jalan Kikis-Mbutuh atau perbatasan Sleman Klaten. Keduanya sudah terkondisikan.

"Personel yang terlibat Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Sleman, warga, Desa Tangguh Bencana (Destana) Argomulyo," lanjutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, penanganan lebih lanjut di lokasi longsor sementara menggunakan terpal. Karena kondisinya cukup parah, maka diperlukan kajian lebih lanjut dengan PUPKP.

"Longsor ada di tiga titik satu di Jalan Gedang atas dan bawah sebelah Candi Ijo, longsor tambahan kemarin. Yang makin parah yang kedua di Kalinongko Kidul ini juga semakin tambah longsor. Di Losari Wukirharjo di tiga titik tiga kalurahan atas, di Prambanan." 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengakuan Warga Kota Isfahan, Terkait Kabar Israel Serang Iran

News
| Jum'at, 19 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement