Advertisement

Profil Dosen UII yang Hilang di Turki, Wakil Dekan Pembimbing Mahasiswa Berprestasi

Sunartono & Budi Cahyana
Sabtu, 18 Februari 2023 - 14:22 WIB
Budi Cahyana
Profil Dosen UII yang Hilang di Turki, Wakil Dekan Pembimbing Mahasiswa Berprestasi Ahmad Munasir Rafie Pratama - Instagram @poldajogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Jogja, Ahmad Munasir Rafie Pratama, dilaporkan hilang di Turki sejak Minggu (12/2/2023) lalu. Ahmad adalah wakil dekan yang profilnya cukup mentereng di usia muda.

Ahmad belum diketahui keberadaanya setelah mengikuti kegiatan di University of South-Eastern Norway (USN), Oslo  Norwegia.

Advertisement

Rektor UII Profesor Fathul Wahid menjelaskan UII telah berupaya menghubungi banyak pihak untuk membantu mencari keberadaan Ahmad Munasir Rafie. UII menyampaikan informasi insiden ini kepada KBRI di Norwegia dan Turki, termasuk mengontak panitia konferensi di Jeddah yang memesankan tiket penerbangan Turkish Airline.

BACA JUGA: Dosen UII Dilaporkan Hilang Saat Pulang dari Norwegia

UII juga telah menghubungi Turkish Airline di Oslo untuk memastikan bahwa Ahmad Munasir telah naik pesawat. Oleh karena ketiadaan nomor referensi pemesanan tiket, pelacakan tidak mudah dilakukan. Pelacakan juga dilakukan dengan memindai aktivitas daring.

“Terdapat jejak aktivitas daring di Turki pada 13 Februari 2023 sekitar pukul 03.00 dan 08.00. Setelah itu, tidak ada jejak daring yang dapat dilacak. Saat ini, UII masih menunggu informasi dari kantor Turkish Airline di Jakarta untuk membantu memastikan kota persinggahan terakhir,” kata Fathul lewat keterangan resminya, Sabtu (18/2/2023).

UII terus melacak dengan berbagai cara dan berkoordinasi dengan banyak pihak. UII memohon doa dari seluruh pihak agar keberadaan Ahmad segera diketahui, dalam kondisi sehat dan baik.

"UII mengimbau kepada para pihak yang memiliki informasi terkait keberadaan AMRP untuk menghubungi nomor Whatsapp Humas UII 0821 3173 7773," ujarnya.

BACA JUGA: Dosen UII Hilang Saat Pulang dari Norwegia, Ini Kronologi Lengkapnya

Ahmad Munasir Rafie tergabung dalam kegiatan mobilitas global tim UII yang terdiri dari empat orang termasuk dirinya. Aktivitas di USN berlangsung selama satu pekan sejak 5 Februari - 12 Februari 2023.

Tim ini meninggalkan Norwegia melalui bandara Oslo. Perjumpaan terakhir tim UII dengan Ahmad Munasir di Oslo, Norwegia pada malam 11 Februari 2023. Tim terbagi dalam tiga penerbangan berbeda. Ahmad Munasir sendirian dalam penerbangan kembali ke Indonesia, melalui Istanbul, Turki.

"Menurut rencana yang tersampaikan secara lisan, rute perjalanannya adalah Oslo-Istanbul-Riyadh-Istanbul-Jakarta. Ahmad Munasir Rafie Pratama tidak berbagi informasi penerbangan detail kepada kolega di UII dan juga kepada istrinya," kata Rektor UII.

Perjalanan ke Riyadh dilakukan karena sebagian tiket ditanggung oleh ppanitia konferensi di Arab Saudi. Sebelum ke Oslo, Ahmad memberikan pidato kunci pada konferensi internasional di Jeddah.

"Ahmad Munasir Rafie Pratama mengirimkan pesan terakhir kepada istrinya pada 12 Februari 2023 siang, beberapa saat sebelum menaiki pesawat ke Istanbul yang berbunyi: ‘menunggu boarding," ujarnya.

Sejak saat itu, Ahmad tidak pernah mengirimkan pesan lagi. Beragam upaya mengontak melalui beragam kanal daring, termasuk email, diupayakan, tetapi belum satu pun yang direspons oleh Ahmad. Menurut informasi lisan yang diberikan Ahmad dan dikuatkan dengan pesan Whatsapp kepada istri, Ahmad akan mendarat di Jakarta pada 16 Februari 2023 pukul 18.00.

"Adik Ahmad menunggu di pintu kedatangan dan tidak mendapati yang bersangkutan. Setelah melakukan konfirmasi ke Angkasa Pura, nama Ahmad tidak ada dalam manifes penerbangan tersebut," jelasnya.

Hilangnya Ahmad Munasir sudah diumumkan melalui akun Instagram @poldajogja. 

Dalam laporan orang hilang yang diumumkan Polda DIY, Ahmad tercatat sebagai warga Karangwaru Lor TR II/135 B, Jogja.

Di website Jurusan Informatika Fakultas Teknologi Industri UII, Ahmad Munasir Rafie Pratama tercatat sebagai asisten profesor. Desember 2022 lalu, Ahmad mewakili UII dalam rapat konsorsium sembilan kampus dari Eropa dan Asia di Slovakia. Rapat tersebut membahas riset yang dibiayai dana hibah dari Uni Eropa. Ahmad berbicara sebagai Wakil Dekan Fakultas Teknologi Industri bersama Rektor UII Fathul Wahid.

BACA JUGA: Canggih! Mahasiswa Ciptakan Teknologi Pencegah Salah Pilih Jurusan

Ahmad juga berperan besar mendampingi mahasiswa UII dalam menciptakan teknologi pencegahan mahasiswa salah memilih jurusan yang dipublikasikan di media massa pada November 2022.

Kala itu, Ahmad mengatakan alat deteksi kecocokan mahasiswa dengan jurusan yang mereka pilih masih bersifat aturan, mulai dari nilai rapor. Namun teknologi terbaru buatan mahasiswa UII tersebut merupakan data riil dari pengguna. 

“Selama ini hanya berdasarkan aturan kalau nilai sekian, hobi ini ini cocoknya ke sini. Tetapi kalau temuan terbaru ini kan berdasarkan data riil setiap orang atau pelajar. Sehingga hasil rekomendasi jurusan yang dipilih itu sesuai dengan karakteristiknya,” katanya.

Ahmad lahir di Banjarmasin, 3 Maret 1986. Polda DIY meminta siapa pun yang mengetahui keberadaan Ahmad untuk menghubungi call center kepolisian 110 atau Whatspp ke nomor 081326910244.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement