Advertisement

Gardu Induk di Druwo Terbakar, Begini Penjelasan PLN

Ujang Hasanudin
Senin, 20 Februari 2023 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Gardu Induk di Druwo Terbakar, Begini Penjelasan PLN Petugas pemadam kebakaran sedang memadamkan api di gardu Induk PLN Druwo, bangunharjo, Sewon, Bantul, Minggu (19/2/2023). - Istimewa/BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Gardu induk listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Druwo, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul, terbakar, Minggu (19/2/2023) dini hari. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kapolsek Sewon, AKP Hanung Tri Widayanto mengatakan peristiwa kebakaran yang terjadi di Panel Kontrol 20 Kilo Volt (KV) Gardu Induk 150 KV Bantul tersebut terjadi sekitar pukul 02.30 WIB.

Advertisement

Saat itu saksi yang juga pekerja di gardu induk Druwo, Totok Handoko sedang dinas malam dan mendengar suara ledakan di sekitar ruang kontrol 20 KV. “Kemudian saksi  mengecek di sekeliling ruangan kontol ternyata ada api yang sudah menyala di Panel Kontrol 20 KV,” kata Hanung, Senin (20/2/2023).

Melihat ada api menyala saksi mengambil alat pemadam kebakaran ringan atau Apar untuk memadamkan. Namun saksi tidak mampu memadamkan api sendirian, lalu memanggil dua satpam untuk ikut membantu memadamkan api dengan menggunakan Apar. Bukannya padam, api justru semakin membesar sehingga saksi langsung menghubungi pemadam kebakaran.

BACA JUGA: BREAKING NEWS: Bank BTPN Jogja Terbakar, Kerugian Capai Rp25 Miliar

Selang beberapa menit, tiga unit armada pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul dan Palang Merah Indonesia (PMI) Bantul tiba di lokasi kejadian untuk melakukan pemadaman api. “Selanjutnya sekira pukul 03.50 WIB api sudah bisa dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ujarnya.

Sementara itu, Seto selaku Asisten Manajer Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi Jateng-DIY mengatakan kebakaran tersebut karena terjadi korsleting listrik. “Hanya kebakaran internal saja dan sudah bisa ditindak, tidak sampai melebar ke mana-mana” katanya.

Kejadian tersebut diakuinya tidak sampai adanya pemadaman listrik. Dia juga memastikan tidak ada kerugian dalam kebakaran tersebut, “Langsung recovery tidak sampai menimbulkan kerugian,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hizbullah Lebanon Serang Fasilitas Militer Israel Utara

News
| Kamis, 20 Juni 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Indonesia Punya Pantai Terbaik untuk Berselancar, Ini Daftarnya

Wisata
| Senin, 17 Juni 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement