Advertisement

PLN Kampanyekan Penggunaan Motor Listrik di Jogja

Anisatul Umah
Jum'at, 30 Desember 2022 - 04:27 WIB
Bhekti Suryani
PLN Kampanyekan Penggunaan Motor Listrik di Jogja PT PLN (Persero) menggelar konvoi motor listrik di DIY, Rabu (28/12/2022) - Dok PLN

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— PT PLN (Persero) melakukan kampanye penggunaan kendaraan listrik di Jogja dengan menggelar konvoi motor listrik. Penggunaan kendaraan listrik digadang-gadang bisa mempercepat capaian target net zero emission pada 2060 seperti yang ditargetkan pemerintah.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan konvoi ini digelar untuk mempromosikan kendaraan ramah lingkungan. Selain itu penggunaan kendaraan listrik juga bisa menekan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), di mana pemenuhannya masih banyak dari impor.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Listrik, kata Darmawan, merupakan energi yang berbasis dalam negeri. Penggunaan kendaraan listrik menurutnya adalah sebuah gaya hidup baru.

"Dengan ini kita bisa bergeser dari energi impor ke domestik. Tadi kita selama perjalanan tidak ada sama sekali polusi, emisi gas rumah kaca juga menurun drastis. Jadi, motor listrik ini keren," ucapnya dalam keterangan resmi, Kamis (29/12/2022).

Dia menjelaskan konvoi ini diikuti 32 motor listrik dengan menempuh jarak 23 kilometer. Dimulai dari Kalurahan Caturtunggal, Kapanewon Depok, Sleman hingga Desa Selopamioro, Kapanewon Imogiri, Bantul. Perjalanan tersebut ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit.

Selain menggunakan motor listrik pabrikan, dari 32 kendaraan yang digunakan untuk konvoi 11 di antaranya adalah motor hasil konversi dari motor BBM.

BACA JUGA: Bunuh Diri atau Kecelakaan? Polisi Dalami Penyebab Mahasiswa UIN Jogja Jatuh dari Jembatan Penyeberangan

"Motornya ini campuran, ada 21 motor listrik pabrikan dan ada 11 motor listrik yang kreasi anak bangsa. Jadi ini Saya mengendarai rakitan anak bangsa sendiri."

Lebih lanjut dia mengatakan motor listrik juga aman dan nyaman digunakan untuk bepergian. Apalagi sudah tersedia  stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) dan stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk memudahkan masyarakat mengisi daya.

"Motor listriknya berjalan sangat smooth dan sampai di sini dengan nyaman," lanjutnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Akan Tetapkan Vaksin Booster Berbayar Rp100.000

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 19:47 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement