Advertisement

Duta Pancasila Sleman Belajar Podcast ke Harian Jogja

Media Digital
Minggu, 26 Februari 2023 - 16:57 WIB
Budi Cahyana
Duta Pancasila Sleman Belajar Podcast ke Harian Jogja Kunjungan Kesbangpol Kabupaten Sleman ke kantor Harian Jogja, Minggu (26/2/2023). - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman berkunjung ke kantor Harian Jogja, Minggu (26/2/2023). Kunjungan ini untuk meningkatkan kapasitas purna pasukan pengibar bendera pusaka yang kini menjadi anggota Duta Pancasila.

Duta Pancasila belajar mengenai podcast, sebagai salah satu wadah untuk pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila. Sub Koordinator Kelompok Substansi Pembinaan Karakter Bangsa Kesbangpol Sleman, Hendri Setiawan, mengatakan Duta Pancasila sudah dikukuhkan pada Desember 2022 oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Tindak lanjutnya adalah dengan peningkatan kapasitas dari Duta Pancasila. Ada dua bidang di dalamnya. Pertama, aktualisasi nilai-nilai pancasila. Kedua, berkaitan dengan komunikasi dan teknologi informasi," ucapnya.

Duta Pancasila memiliki tugas pengarusutamaan nilai-nilai Pancasila, disampaikan kepada masyarakat. Salah satunya dalam bentuk digital seperti podcast

"Kemarin juga ada materi terkait dengan personal branding, kemudian public relation, public speaking diwujudkan dalam bentuk podcast. Tujuan ke sini [Harian Jogja] biar mereka melihat alat-alatnya sehingga bisa kami siapkan."

Dia menyampaikan Duta Pancasila Sleman ini terdiri dari alumni Paskibra 2020 dan 2021. Namun tidak semua alumni Paskibra menjadi Duta Pancasila. Sebelum pengukuhan, dilakukan seleksi terlebih dahulu.

"Duta Pancasila sebelumnya diseleksi terlebih dahulu oleh BPIP. Sudah kami siapkan dengan pelatihan ideologi Pancasila. Alhamdulillah ada sepuluh yang lolos," ungkapnya.

Sementara itu, Redaktur Pelaksana Harian Jogja Nugroho Nurcahyo di hadapan para Duta Pancasila menyampaikan, salah satu yang penting dari podcast adalah ide. Pesan-pesan apa yang mau disampaikan kepada masyarakat.

"Podcast ini audio visual, dan proses selanjutnya ada editing. Pesan-pesan mana yang akan ditonjolkan dalam penyampaiannya." 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Panen Jagung di Tengah Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres di MK

News
| Senin, 22 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement