Advertisement

Tahun Ini Becak Kayuh Bertenaga Alternatif Bakal Diproduksi

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 05 Maret 2023 - 20:47 WIB
Arief Junianto
Tahun Ini Becak Kayuh Bertenaga Alternatif Bakal Diproduksi Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Tahun ini, Dinas Perhubungan (Dishub) DIY melanjutkan pengembangan becak kayuh bertenaga alternatif. Sejumlah becak kayuh bertenaga alternatif itu pun ditargetkan akan diproduksi tahun ini. 

Kepala Dishub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan pengembangan becak kayuh bertenaga alternatif telah dilakukan sejak tahun lalu.

Advertisement

Saat ini, Ni Made menyampaikan masih pada tahap uji coba. “Ini becak kayuh, tapi dikasih teknologi kayak pedal assist kayak yang di sepeda, ketika di kayuh dia akan diringankan. Jadi enggak terlalu berat,” katanya, Minggu (5/3/2023). 

Uji coba 16 prototipe yang terdiri dari tujuh model becak kayuh tersebut dilakukan Dishub DIY, Dishub Kota Jogja, Balai Pengembagan Teknologi Tepat Guna (BPTTG), Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Kota Jogja. Ni Made menyebutkan uji coba tersebut diperkirakan berlangsung dari Februari-Maret 2023. 

BACA JUGA: DIY Produksi Ratusan Becak Kayuh dengan Tenaga Penguat

Ni Made menyampaikan setelah uji coba tersebut, berbagai masukan dari pemakai becak kayuh akan ditampung untuk penyempurnaan pengembangan becak kayuh tersebut.

“Kalau sudah uji coba itu, kemudian kami kan ada tim penguji, tim penilainya juga yang akan menilai itu. Nanti ada sertifikasi juga,” katanya. 

Kemudian apabila sertifikasi telah dilakukan, maka becak kayuh tenaga alternatif akan diproduksi massal. Ni Made menyampaikan ke depannya, becak kayuh bertenaga alternatif diproyeksikan ada 50 buah. 

“Kami mau menata, ini pilot project-nya kan di kawasan subuh filosofi, di kawasan Malioboro. Harapannya kendaraan di situ adalah kendaraan-kendaraan yang direkomendasikan berkontribusi terhadap low emission zone,” katanya. 

Nantinya, dia menyampaikan penyalurannya akan menggunakan mekanisme kelembagaan melalui koperasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement