Advertisement

Beli Camilan Pakai Uang Palsu di Berbah Sleman, Pria Ini Diringkus Polisi

Lugas Subarkah
Minggu, 05 Maret 2023 - 11:47 WIB
Budi Cahyana
Beli Camilan Pakai Uang Palsu di Berbah Sleman, Pria Ini Diringkus Polisi Ilustrasi uang - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANSeorang pria ditangkap polisi karena mengedarkan uang palsu di Pasar Tanjung, Kalitirto. Dia membeli barang, salah satunya camilan, di beberapa pedagang menggunakan uang palsu.

Kapolsek Berbah, Kompol Parliska Febrihanoto, menjelaskan pelaku berinisial MZ, 46, warga asal Tawangsari, Sukoharjo, Jawa Tengah.

Advertisement

"Kejadian pada Senin [20/2/2023] sekitar pukul 09.00 WIB di Pasar Tanjung, Kalitirto, Kapanewon Berbah," ujarnya, Minggu (5/3/2023).

Salah satu pedagang, Sukarmi, 59, menjadi korban dan melaporkan kejadian tersebut. Berdasarkan keterangan korban, MZ membeli cemilan di tempatnya seharga Rp11.000 dengan uang Rp50.000.

Setelah mendapat uang kembalian, MZ pergi meninggalkan korban. "Tetapi, usai tersangka pergi terdengar kegaduhan di salah satu toko di sebelah korban yang menyebut kalau ada pembeli yang membayar dengan uang palsu,” katanya.

Mendengar keributan soal uang palsu itu, Suparmi pun mengecek uang yang baru saja dibayarkan pembeli terakhirnya, dan ternyata uang Rp50.000 tersebut juga palsu. "Korban langsung melapor ke petugas pasar," ungkapnya.

Laporan kemudian diteruskan ke Polsek Berbah. Polisi menindaklanjuti laporan ini dengan memeriksa korban dan sejumlah saksi di pasar tersebut. Pelaku ditangkap di pasar yang sama di area parkir.

"Kami menyita barang bukti sejumlah uang palsu pecahan Rp50.000 yang disimpan di dalam tas tersangka. Atas kasus ini, tersangka terancam pasal 245 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement