Advertisement

Jogja Mulai Dibanjiri Motor Listrik

Triyo Handoko
Rabu, 08 Maret 2023 - 17:27 WIB
Bhekti Suryani
Jogja Mulai Dibanjiri Motor Listrik Sepeda motor listrik jenis bentuk vespa yang dijual di Molis Umbulharjo, Rabu (8/3 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Penjualan motor listrik di Jogja meningkat dua kali lipat sejak Januari lalu. Dua showroom penjual motor listrik menyebut rata-rata penjualan per bulan pada 2022 hanya 30 unit, kini perbulannya rata-rata 60 unit.

Peningkatan tren penjualan motor listrik ditengarai naik daunnya moda transportasi yang digadang-gadang ramah lingkungan ini. Selain itu, harganya juga lebih murah dibanding sepeda motor konvensional.

Advertisement

Manager Marketing U Winfly Jogja Sholehudin Abdullah Sani menyebut produknya termasuk yang paling murah di pasaran kendaraan listrik Indonesia. “Meskipun murah kualitas kami terjamin dan jaminan kualitas penggunaan hingga 10 tahun,” katanya, Rabu (8/3/2023).

Sepeda listrik merek U Winfly berkisar di harga Rp4,2 juta. Motor listriknya sekitar Rp8,2 juta, dan roda tiga untuk angkutan barang bertenaga listriknya berkisar di harga Rp12 juta. “Rata-rata kapasitas jangkauannya mencapai 60 kilometer dalam daya penuh,” ujar Sholehudin.

Sholehudin menyebut produk U Winfly yang paling banyak diminati masyarakat Jogja adalah motor berbentuk vespa. “Ada tiga jenis yang kami jual, sepeda motor listrik, sepeda listrik, dan roda tiga listrik,” katanya.

Di Showroom resmi U Winfly yang berada di Jl. Gejayan, jelas Sholehudin, kini rata-rata perhari terjual dua unit. “Kami sudah ada sejak sebelum pandemic di sini, dan 2023 ini yang paling tinggi penjualannya,” jelasnya.

Rencana subsidi pembelian kendaraan listrik oleh pemerintah, jelas Sholehudi, juga jadi pemicu peningkatan penjualan. “Kebetulan brand kami bukan bagian dari kendaran yang akan disubsidi pemerintah, sementar ini infonya baru tiga brand yang akan disubsidi. Tapi ini juga membuat tren penjualan kami meningkat karena masyarakat banyak yang memutuskan beralih ke motor listrik,” ternangnya.

Molis Umbulharjo juga mengalami peningkatan penjualan motor listrik. “Dua kali lipat peningkatannya, sebelum 2022 itu sebulan hanya 20an unit sekarang bisa sampai 60an unit,” kata karyawan Molis Umbulharjo, Zulkarnaen pada Rabu siang.

BACA JUGA: Dinonaktifkan Akibat Terjerat Korupsi, Sekdin Kominfo Gunungkidul Tetap Peroleh Gaji

Zulkarnaen menyebut Molis Umbulharjo menjual beberapa merek kendaraan listrik. “Kalau yang paling banyak mengalami peningkatan penjualan itu jenis motor listrik bentuk vespa ini sama sepeda listrik,” ujarnya.

Peningkatan penjualan kendaraan listrik, jelas Zulkarnaen, optimis akan terus mengalami peningkatan. “Secara nilai ekonomi juga lebih bersaing dan hemat biaya terutama perawatan juga. Apalagi ini harga BBM juga fluktuatif cenderung naik tiap waktu jadi saya kira akan banyak masyarakat yang beralih ke kendaraan listrik,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ini Keunggulan Gedung BPJS Kesehatan di IKN

News
| Jum'at, 01 Maret 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Kegiatan Spiritual dan Keagamaan Jadi Daya Tarik Wisata di Candi Prambanan

Wisata
| Kamis, 29 Februari 2024, 11:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement