Advertisement

Catat! Selama Ramadan Objek Wisata di Bantul Tetap Buka

Ujang Hasanudin
Selasa, 14 Maret 2023 - 15:27 WIB
Arief Junianto
Catat! Selama Ramadan Objek Wisata di Bantul Tetap Buka Ilustrasi Pinus Sari, Mangunan. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Ramadan tinggal sepekan lagi. Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul memastikan semua objek wisata di Bumi Projotamansari tetap buka selama Ramadan, terutama objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul.

Meski begitu, Dispar tidak akan menggelar atraksi wisata selama Ramadan untuk mengormati umat muslim yang sedang berpuasa.

Advertisement

Kepala Dispar Bantul, Kwintarto Heru Prbowo mengatakan semua objek wisata tetap buka selama Ramadan meski tanpa atraksi wisata. “Secara prinsip, kami tidak mengadakan atraksi wisata dalam rangka memberikan kesempatan umat muslim ibadah puasa. Tetapi kalau ada kelompok masyarakat yang mengadakan atraksi kami tidak melarang,” kata Kwintarto, Selasa (14/3/2023).

BACA JUGA: Jelang Ramadan Akan Digelar Operasi Pasar Sejumlah Titik

Menurut Kwintarto, berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya, selama Ramadan merupakan bulan sepi atau masa paceklik wisatawan meski objek wisata tetap buka. Kondisi tersebut juga sudah dipahami oleh para pelaku wisata, termasuk pelaku UMKM yang ada di sejumlah objek wisata.

Biasanya mereka, kata dia, sudah menabung sejak Januari dan Februari untuk menutupi sepinya wisatwan selama Ramadan sehingga mereka tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya selama bulan puasa. Sehingga tidak ada konflik.  

“Sampai hari ini tak menjadi konlik misalnya wisatawan sepi kami [pelaku UMKM] engga bisa makan. Jadi sudah terbangun kemampuan berpikir sehingga tidak banyak tuntutan dari mereka maupun. Karena mereka sudah tahu sepinya Ramdan akan terbayar ketika lebaran atau bulan Syawal nanti,” paparnya.

Lebih lanjut Kwintarto mengatakan selama Januari-Februari, Dispar bersama sejumlah pihak sudah mengadakan atraksi wisata yang berhasil mendatangkan banyak wisatwan dan memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM di objek wisata, di antaranya atraksi wisata di Goa Cemara bersama SMA 1.

Kemudian Asita Volcano Cycling (AVC) yang diselenggarakan Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Asita, festival burung paruh bengkok di Gumuk Pasir, dan Festival Coast to Coast di Parangtritis Geomaritim Science Park.

Kasi Promosi dan Informasi Data, Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi mengakui memang selama Ramadan kunjungan wisatwan akan sepi, tetapi tetap ada wisatawan yang berkunjung untuk ngabuburit maupun yang buka puasa bersama di pantai atau objek wisata lainnya.

“Terutama anak-anak muda biasanya banyak yang ngabuburit sambil menikmati sunset,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement