Advertisement

Jelang Ramadan Akan Digelar Operasi Pasar Sejumlah Titik di DIY, Catat Waktunya!

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 13 Maret 2023 - 09:47 WIB
Sunartono
Jelang Ramadan Akan Digelar Operasi Pasar Sejumlah Titik di DIY, Catat Waktunya! Petugas menyalin minyak goreng curah ke sejumlah jeriken milik pedagang dalam operasi pasar yang digelar di Pasar Beringharjo, Sabtu (26/3/2022). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY akan menggelar sejumlah operasi pasar dan pasar murah untuk mengendalikan harga menjelang ramadan.

Kepala Disperindag DIY, Syam Arjayanti menyampaikan menjelang bulan ramadan seringkali terjadi peningkatan permintaan sejumlah kebutuhan pokok. Oleh karena itu, peningkatan harga biasanya terjadi.

Advertisement

“Kami keliling terus pasar murah di beberapa kemantren, itu selalu penuh dari masyarakat yang ingin mengakses. Pasar murah akan diutamakan daerah yang Kartu Keluarga [KK] miskinnya banyak,” ucapnya, Minggu (12/3/2023). 

BACA JUGA : Operasi Pasar di Jogja, Tiap Kecamatan Digelontor 4 Ton Beras

Disperindag DIY memproyeksikan adanya operasi pasar dan pasar murah pada Maret dan April 2023. Untuk Maret 2023 akan diadakan dua kali operasi pasar, dan empat kali pasar murah. Sedangkan untuk bulan April 2023, pihaknya masih belum memastikan berapa kali akan dilakukan. Jumlah tersebut belum termasuk operasi pasar dan pasar murah yang diadakan Dinas Perdagangan tiap kabupaten/kota di DIY.

Syam menyampaikan telah dialokasikan anggaran dari APBD untuk penyelenggaraan pasar murah pada Maret 2023. Sedangkan akan ada dukungan anggaran APBN untuk penyelenggaraan selama bulan April 2023. Sejumlah kerjasama untuk penyelenggaraan pasar murah pun dilakukan Disperindag DIY antara lain dengan Bank Indonesia serta Bulog Kanwil DIY.

Dia mengatakan kini Disperindag DIY tengah menunggu dana insentif daerah turun untuk dapat mendukung terlaksananya kegiatan tersebut. “Setelah anggaran dana insentif daerah turun, akan lebih banyak lagi [operasi pasar dan pasar murah],” ucapnya. 

BACA JUGA : Operasi Pasar di Bantul Diklaim Sukses Turunkan Harga

Dengan adanya pasar murah dan operasi pasar, Syam berharap masyarakat dapat mengakses kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau, dan harga kebutuhan pokok di pasaran dapat dikendalikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement