Advertisement

Operasi Pasar di Jogja, Tiap Kecamatan Digelontor 4 Ton Beras

Hadid Husaini
Sabtu, 11 Maret 2023 - 23:47 WIB
Bhekti Suryani
Operasi Pasar di Jogja, Tiap Kecamatan Digelontor 4 Ton Beras Petugas mengecek stok beras di kawasan pergudangan Bulog, Purwomartani, Kalasan. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Pemerintah menggelontorkan berton-ton beras untuk menyetabilkan harga pangan jelang Ramadan. Kecamatan atau Kemantren Danurejan dan Jetis mendapat giliran perdana program Stabilisasi Pasokan Harga Pangan (SPHP) oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Jogja tersebut pada Kamis (9/3/2023).

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Veronica Ambar Ismuwardani mengungkapkan kegiatan Operasi Pasar tersebut bekerja sama dengan Perum Bulog DIY dan penyedia kebutuhan bahan pangan.

Advertisement

Berbagai kebutuhan pokok tersebut dijual dengan Harga Eceran Tertinggi (HET). Biaya Kebutuhan masyarakat yang mudah dijangkau jadi salah satu alasan Pemkot Jogja mengadakan program tersebut disamping situasi menjelang ramadan menyebabkan harga mulai merangkak naik.

Kebutuhan pangan tersebut terdiri dari empat ton beras kualitas medium seharga Rp9000/kilogram, Minyakita dengan harga Rp13.500/liter untuk kemasan bantal dan Rp14.000/liter untuk kemasan botol. Sementara harga gula pasir Rp13.500/kilogram dan telur ayam broiler Rp26.000/kilogram.

“Stok setiap kemantren empat ton [beras]. Tapi kalu dirasa kurang dari Bulog DIY siap menambah, terutama untuk kemantren-kemantren yang besar seperti Gondokusuman dan Umbulharjo,” kata dia.

BACA JUGA: Luka Jeratan di Leher Diklaim Jadi Bukti Forensik Pembunuhan Pengusaha Jogja Morgan Onggowijaya

“Pemkot Jogja berencana akan menggelar operasi pasar di seluruh Kemantren. Komoditasnya yang disediakan antara lain beras, minyak goreng, gula pasir, dan telur, karena kebutuhan ini yang biasanya naik,” ujar Ambar dalam sambutanya di Kantor Kemantren Danurejan.

Operasi Pasar tersebut akan dilaksanakan mulai dari tanggal 9-17 Maret.  Setiap harinya, operasi pasar dijadwalkan  di dua kemantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rumah Tersangka Korupsi Timah Harvey Moeis Digeledah Kejagung, Sejumlah Kendaraan Mewah Disita

News
| Sabtu, 20 April 2024, 10:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement