Advertisement

Korban Tenggelam di Sungai Progo Ditemukan Meninggal Dunia

Yosef Leon
Kamis, 16 Maret 2023 - 18:57 WIB
Budi Cahyana
Korban Tenggelam di Sungai Progo Ditemukan Meninggal Dunia Personel Basarnas Jogja mengevakuasi korban kecelakaan air yang ditemukan meninggal dunia di Kali Progo, Kamis (16/3/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Haryono, 50, warga Ringinharjo, Bantul, yang dilaporkan tenggelam di Kali Progo, Rabu (15/3/2023) sore ditemukan meninggal dunia pada Kamis (16/4/2023). Korban ditemukan petugas gabungan dalam keadaan mengapung kurang lebih satu kilometer (km) dari lokasi tenggelam. 

Pejabat Humas Basarnas Jogja Pipit Eriyanto menjelaskan pada pencarian hari kedua, petugas dibagi ke dalam tiga search resque unit (SRU) dan mulai bergerak sejak pukul 06.00 WIB. Medan sungai yang tenang di bagian atas dan deras di bagian bawah menjadi salah satu tantangan bagi petugas gabungan. 

Advertisement

SRU pertama menyusuri keberadaan korban dengan menggunakan aqua eye dan menyelam ketika ditemukan tanda-tanda korban. Kemudian SRU kedua menggunakan RUV dari lokasi tenggelam sampai Dam Bendo sejauh satu km. SRU terakhir menyisir dengan perahu karet sejauh satu km dari lokasi korban tenggelam sampai di Dam Bendo. Sekitar pukul 14.40 WIB, tim pencari melihat korban yang mengapung di permukaan air dengan jarak kurang lebih satu km dari lokasi kejadian. 

"Korban meninggal dunia dan ditemukan di sebelah selatan lokasi tenggelam dan sudah dibawa ke rumah duka," ujar Pipit. 

Sebelumnya, Haryono tenggelam pada pukul 16.30, Rabu (15/3/2023). Korban bersama tiga orang temannya bermaksud menjaring ikan di Kali Progo, tepatnya di Dusun Mangiran, Trimurti, Kapanewon Srandakan. 

"Korban menebar jaring sambil berjalan ke tengah sungai. Saat itulah diduga korban terseret arus sungai. Rekan korban yang berada di sungai pinggir melihat korban terseret arus langsung berlari minta tolong bantuan warga," kata Kepala Seksi Humas Polres Bantul I Nengah Jeffry. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement