Advertisement

Polresta Sleman Unggah Foto Tahanan Menikah, Warganet: Malam Pertama Piye?

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 18 Maret 2023 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Polresta Sleman Unggah Foto Tahanan Menikah, Warganet: Malam Pertama Piye? Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belum lama ini, akun Instagram Polresta Sleman bersama Humas Polresta Sleman menunggah foto pernikahan salah satu tahanannya. 

Dalam foto terlihat sepasang pengantin sedang menjalani ijab qabul disaksikan para saksi, layaknya pernikahan secara Muslim pada umumnya. Namun tidak dijelaskan yang mana tahanannya, apakah mempelai pria atau wanita. 

Advertisement

Dalam caption atau keterangan gambar, Polresta Sleman hanya ingin menekankan bahwa meski seseorang berstatus tahanan, seseorang tetap dapat menikah. Meski ditahan bukan berarti hak untuk menikah seseorang hilang. Semua tahanan yang tengah menyandang status tahanan tetap punya hak untuk menikah tanpa pengecualian.

Kapolresta Sleman melalui Kasi Humas AKP Edy Widaryanta menegaskan bahwa Polresta Sleman akan selalu siap memfasilitasi tahanan yang punya keinginan untuk menikah. Pernikahan yang dilakukan tahanan memang tidak dilarang sepanjang tidak menggangu proses penyidikan. 

Baca juga: Tega! Rombongan Klitih Bawa Celurit Kejar Warga yang Tengah Berjaga di Rumah Duka

“Sepanjang pernikahan tersebut dilangsungkan di kantor Polisi tidak masalah karena lebih bertujuan untuk keamanan, seperti mencegah tahanan kabur,” lanjutnya," bunyi sebagian caption tersebut.

Untuk pernikahan tahanan, prosesi pernikahan hanya dihadiri keluarga dan kerabat dengan jumlah terbatas.

Foto yang diunggah tersebut bukanlah kali pertama pernikahan tahanan. Sebelumnya Polresta Sleman juga sudah pernah menggelar hajat yang sama beberapa kali.

Postingan Polresta Sleman tersebut menambah informasi untuk warganet. Ada yang berterima kasih karena sudah diberikan fasilitas untuk tetap bisa menikah.

"@polrestasleman terimakasih sudah di fasilitasi utk tahanan yg mau menikah pak salim......," tulis salah satu akun.

Meski demikian, tetap saja muncul pertanyaan tentang bagaimana kelanjutan sepasang pengantin itu setelah menikah. Salah satu warganet menanyakan bagaimana nasib malam pertama mereka karena salah satu di antaranya harus mendekam di penjara. "Malam pertama piye ," tulis salah satu akun dalam kolom komentar. 

Malam pertama biasa diidentikkan dengan kegiatan pengantin baru pertama kali setelah resmi menikah. Di malam pertama, mereka memadu kasih setelah resmi menjadi pasangan suami istri.

Dengan bijak, @polrestasleman memberikan jawaban. "Menikah bukan hanya soal malam pertama akan tetapi untuk mencari ridho Allah, saling menguatkan ketika lemah, saling berbagi dalam keadaan susah maupun senang," tulis Polresta Sleman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Instagram

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tok! KPK Resmi Tetapkan 2 Orang Tersangka Dugaan Korupsi Jual Beli Gas PT PGN

News
| Jum'at, 21 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement