Advertisement

Wow! Masjid Agung Bantul Sediakan Takjil 300 Porsi Tiap Hari selama Ramadan

Ujang Hasanudin
Rabu, 22 Maret 2023 - 22:27 WIB
Bhekti Suryani
Wow! Masjid Agung Bantul Sediakan Takjil 300 Porsi Tiap Hari selama Ramadan Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Masid Agung Manunggal Bantul menyediakan takjil atau makanan berbuka puasa sebanyak 300 porsi setiap hari selama ramadan. “Sudah rutin tiap hari kita menyediakan takjil selama Ramadan,” kata Takmir Masjid Agung Manunggal Bantul, Saebani, Selasa (21/3/2023).

Menurutnya menu takjil setiap harinya berbeda-beda. Ia mempersilakan umat Islam untuk berbuka puasa bersama di Masid Agung Manunggal Bantul setelah diawali pengajian yang dimulai pukul 16.30 WIB sampai azan magrib.

Advertisement

Selain menyediakan takjil, kata Saebani, untuk hari pertama puasa takmir masjid akan memberikan bingkisan paket sembako dan uang tunai kepada 50 anak yatim di wilayah Kalurahan Bantul. Rencananya pembagian bingkisan ini secara simbolis akan diserakan langsung oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih.

Kemudian ada kajian islami setiap sore mulai pukul 16.30 WIB dengan menghadirkan tokoh Agama Islam secara bergantian. Lalu, pengajian rutin setelah salat tarawih dan setelah salat subuh juga tetap ada dengan penceramah dari berbagai daera di wilaya DIY.    

“Seperti biasa sudah dijadwal pengajian Ramadan mulai setelah tarawih, kuliah subuh, tadarus atau [pengajian alquran satu juz] setiap malam. Kemudian ada juga yang iktikaf [berdiam diri di masjid untuk ibadah] pada malam hari. Biasanya akan ramai setela ari ke-20 Ramadan” ujarnya.

BACA JUGA: Hasil Sidang Isbat 1 Ramadan 1444, Awal Puasa Kamis 23 Maret 2023

Saebani yang juga wakil ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bantul ini mengatakan untuk awal puasa dimungkinkan bersamaan sebagian besar umat Islam khususnya untuk Muammadiyah, NU, dan pemerintah. Namun untuk Idulitri atau lebarannya kemungkinan berbeda.

“Kita bersyukur ada perbedaan, tidak perlu dipermasalakan semuanya memiliki garis sendiri sendiri baik hisab dan rukyat [meliat hilal],” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement