Advertisement

Viral! Sejumlah Warga Mengaku Jadi Korban Begal Bermodus Debt Collector di Jogja

Bhekti Suryani
Minggu, 26 Maret 2023 - 11:07 WIB
Bhekti Suryani
Viral! Sejumlah Warga Mengaku Jadi Korban Begal Bermodus Debt Collector di Jogja Tangkapan layar warga yang mengaku jadi korban begal bermodus DC di Jogja - Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebuah video yang menceritakan seorang perempuan dikejar segerombolan orang dengan modus ingin mengambil sepeda motor karena suruhan orang viral di media sosial. Sejumlah netizen juga mengaku pernah jadi korban begal bermodus debt collector (DC)  di sejumlah wilayah di Jogja.

Video dari akun TikTok @Cecenaswa_ itu diunggah ulang oleh akun Instagram @merapi_uncover pada Sabtu (25/3/2023). Dalam video tersebut, pemilik akun mengeluh soal tidak amannya Jogja saat ini. Ia mengaku dikejar empat orang yang masing-masing mengendarai motor dan ingin mengambil sepeda motor miliknya, hingga mencabut kunci motor tersebut.

Advertisement

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.15 WIB saat jalanan ramai orang. Namun tidak ada warga yang menolong. Bahkan ada pos polisi di lokasi tersebut, namun petugas menurutnya tidak mau menolong.

Kenapa ya hidup di Jogja ga aman? Sekitar jam 15.15 tadi, aku diberhenttin 4 orang, mereka bawa motor sendiri-sendiri, sampai kita kebut-kebutan tabrak-tabrakan sampai mereka nyabut kunci pas aku naik motor ngebut, jalanan ramai tapi enggak ada yang nolongin sama sekali padahal di depannya ada pos polisi tpi polisinya ga bantu sama sekali padahal aku cewe. Mereka ngejar aku dari Amplaz sampai pasar Sambilegi dgn alasan suruhan orang buat ambil motor,” kata pemilik akun @Cecenaswa_ tersebut.

Video ini sontak mendapat banyak respons dari warganet. Sejumlah netizen bahkan mengaku pernah menjadi korban begal dengan modus serupa di sejumlah wilayah di Jogja.

Akun @gitarastia mengatakan, “Aku pernah jg gt, 2x, ak pdhl brenti di depan kerumunan ojol, tp yg dtg warga yg lewat, udh triak2 minta tolong pdhl, sampe aku brenti depan polres sleman, masih jd dibuntutin sampe dalem, sampe ak minta perlindungan polisi, mau bikin laporan takut diincer, akhirnya berujung damai, pdhl itu basecamp mereka dkt sm polsek loh,” ungkapnya.

Warganet lainnya @rina_sarinah02 mengatakan “Aku juga pernah ngalamin waktu puasa bbrpa tahun lalu dijakal, diberhentikan bbrp orang ngakunya DC pdhl mau buka puasa,”

BACA JUGA: Siap-Siap, Hari Ini Jogja Diprediksi Hujan Lebat

Warganet lainnya juga bercerita keluarganya pernah dibegal dengan modus DC.  Sama kayak om ku,,, pdhal om ku beli motor cash,,, akhirnya dg trbta2 dan ketakutan tlf istrinya suruh nunjukin BPKB,, krna om ku merasa gak pernah punya utang,, kayaknya begal, modus baru,,, teriak2 klo nunggak utang ngaku2 dr finance byr pda gak nolong ,, orang dsiktar jg g brani nolong om ku, alhamdulillah Allah msh mmbrsamai om ku,, klo mrsa gak punya utang dan benar teriak2 saja, byr g ada korban selanjutnya,”

Sementara itu akun @chandrayukrinasrani bercerita “sedikit cerita, pernah ngalamin dicegat juga daerah depan perum MBS, kondisi motor sy sudah lunas, bpkb ada dikampung halaman, untung mereka kalah galak dari saya, dan untung motor saya waktu itu starter otomatisnya mati jd harus di engkol, akhirnya yg ngeberhetiin sy bentak, sy suruh ngengkolin motor saya.. ,”

Hingga berita ini diturunkan, redaksi Harianjogja.com masih berupaya mengonfirmasi kejadian ini ke otoritas terkait.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement