Advertisement

Siap-Siap! Sejumlah Jalan di Sleman Ini Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran

Catur Dwi Janati
Kamis, 30 Maret 2023 - 21:17 WIB
Bhekti Suryani
Siap-Siap! Sejumlah Jalan di Sleman Ini Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran Sejumlah kendaraan terpantau memadati perbatasan Prambanan, Selasa (3/5/2022). - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN–Sejumlah jalur mudik hingga jalur wisata di Sleman berpotensi macet maupun padat lalu lintasnya pada saat mudik maupun libur Lebaran nanti.

Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana menerangkan hampir setiap simpang APILL berpotensi macet. Namun jika dipetakan berdasarkan wilayahnya, untuk wilayah utara simpang Denggung menjadi lokasi berpotensi macet panjang saat mudik.

Advertisement

"Kalau Sleman daerah utara, itu yang paling panjang misalkan Denggung. Simpang Denggung itu yang paling mendominasi," tuturnya dikutip Kamis (30/3/2023).

Sementara di daerah timur Sleman, Prambanan menjadi salah satu titik lokasi rawan kemacetan pada waktu mudik nanti. "Kalau dari Jln. Solo ya Prambanan. Prambanan sama simpang tiga Maguwo itu yang tinggi," ujarnya.

Selain jalur mudik, Arip juga memetakan potensi lalu lintas padat di jalur wisata. Untuk jalur wisata, sejumlah simpang di Jln. Kaliurang berpotensi macet saat libur Lebaran.

"Kalau jalur wisata ya simpang di Jalan Kaliurang yang dekat UII, selatan UII atau yang di Prujakan itu yang potensi lalu lintasnya padat untuk musim liburannya,"  kata dia.

BACA JUGA: Jokowi Kecewa dan Sedih Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U20

Sejumlah strategi disiapkan untuk mengantipasi kepadatan lalu lintas yang bakal terjadi. Salah satunya lewat pengaturan lampu APILL. Misalnya di Jalan Pamungkas, Jalan Kaliurang yang merupakan kewenangan Sleman, lampu APILL bisa diatur durasi lampunya. "Kita bisa atur durasinya tergantung panjang antreannya, karena itu antara jalan kampung jalan kabupaten dan jalan provinsi," ungkapnya.

"Lainnya yang kebetulan yang saya sebutkan tadi merupakan jalan nasional. Ya nanti kita koordinasi dengan BPTD maupun Dishub DIY, kebetulan itu semua bisa diset dengan ACTS sehingga durasi itu bisa secara teknis bisa diantisipasi dengan pengaturannya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement