Advertisement

Info Cuaca: Sebaran Wilayah DIY yang Diguyur Hujan Lebat Hari Ini

Anisatul Umah
Minggu, 02 April 2023 - 10:07 WIB
Bhekti Suryani
Info Cuaca: Sebaran Wilayah DIY yang Diguyur Hujan Lebat Hari Ini Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memperkirakan pada Minggu (2/4/2023) akan terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada siang hingga sore hari di beberapa wilayah.

Kepala Kelompok Foreskater BMKG YIA, Romadi mengatakan beberapa wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat di antaranya Kota Jogja, Sleman, Bantul, Gunungkidul, serta Kulonprogo bagian Utara dan Selatan. Sementara pada malam hari potensi hujan ringan di seluruh wilayah DIY.

Advertisement

"Kemudian pada dini hari berpotensi hujan ringan di Kulonprogo bagian Selatan, Bantul bagian Selatan dan Gunungkidul bagian Selatan," ucapnya Minggu (2/4/2023).

Sementara untuk prakiraan gelombang berkisar antara 2,5 - 4 meter di perairan Yogyakarta dan masuk ke dalam kategori tinggi. Prediksi cuaca ini berlaku selama 24 jam sejak pukul 07.00 WIB.

Lebih lanjut dia menyampaikan, masyarakat perlu waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Di wilayah Kota Jogja, Sleman, Bantul bagian Utara, Kulonprogo bagian Utara, serta Gunungkidul bagian Utara dan Timur .

"Waspada gelombang tinggi di perairan Yogyakarta," lanjutnya.

BACA JUGA: Indonesia Batal jadi Tuan Rumah, Shin Tae Yong Bubarkan Timnas U-20

Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono menyampaikan masyarakat perlu waspada pada cuaca ekstrim jika melihat awan towering atau awan yang menjulang tinggi. Biasanya muncul pada pagi hari pukul 10.00-11.00 WIB. Awan towering menurutnya menjadi bibit-bibit cuaca ekstrim, biasanya nampak di wilayah Salaman, Turi, dan Samigaluh.

"Kalau kelihatan awan yang menjulang tinggi ini baru masa pembentukan, dia akan berubah jadi gelap dan mulai bergeser ke wilayah Timur seperti Kulonprogo, SLeman, tapi yang paling sering Sleman karena pembentukan paling banyak di Turi dan Salaman," jelasnya.

Kemudian dampaknya akan menyasar ke Sleman, Kota Jogja, Bantul, dan Gunungkidul. Menurutnya ini sifat khusus yang ada di Jogjakarta terkait pembentukan awan. "Awalnya berwarna putih, akan membentuk cuaca ekstrim, hujannya membawa angin disertai petir."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement