Advertisement

Datangi Harian Jogja, BEM Unriyo Belajar soal Independensi

Hadid Husaini
Senin, 03 April 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Datangi Harian Jogja, BEM Unriyo Belajar soal Independensi BEM Unriyo saat berkunjung ke kantor Harian Jogja, Senin (3/4/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahasiswa berperan penting dalam upaya kontrol sosial yang dilakukan oleh media massa sebagai penyangga demokrasi ke empat.

Hal itu mengemuka dalam diskusi yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Respati Yogyakarta (Unriyo) bersama Harian Jogja, Senin (3/4/2023).

Advertisement

Menteri Koordinator Sinergi dan Relasi BEM Unriyo, Fajar Bagus Nurcahyo menyampaikan bahwa diskusi tersebut merupakan bagian dari agenda kunjungan BEM Unriyo ke Harian Jogja sebagai program kerja pertama di bawah kementeriannya.

BACA JUGA: Bahas Bencana Alam, Mahasiswa UAJY Prestasi Mentereng di Malaysia

Fajar mengaku mendapat banyak sekali manfaat dari kunjungan tersebut. “Kami mendapat banyak manfaat. Kami bisa mengevaluasi diri dan juga diskusi ini bisa bekal penting bagi kami ke depannya,” ujar dia.

“Banyak era politik yang ditunggangi oleh beberapa pihak. Dari sinilah kami dapat masukan dari Harian Jogja soal bagaimana memosisikan diri agar dapat menjauhkan aktivitas-aktivitas politik,” imbuh Fajar.

Sementara itu, Pemimpin Redaksi Harian Jogja, Anton Wahyu Prihartono berharap mahasiswa bisa tetap menjaga independensi dalam menyampaikan aspirasi, tak terkecuali melalui media sosial sebagai ruang ekpresi yang kini semakin berkembang.

Karakteristik media konvensional dan media sosial sangat berbeda karena lebih terbuka dan tanpa aturan main. Saat ini banyak yang menyampaikan hal yang kurang pantas yang menurutnya dapat menjadi bumerang kembali.

“Misalnya dalam membuat konten atau unggahan di Instagram dengan cara memaki yang tidak pantas. Maka Anda harus berhati hati dalam bermain media sosial karena jika tidak hati-hati akan ada konsekuensinya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement