Advertisement

262 Kilometer Jalan Nasional di DIY Disiapkan untuk Mudik, Dipastikan Nol Lubang

Triyo Handoko
Senin, 03 April 2023 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
262 Kilometer Jalan Nasional di DIY Disiapkan untuk Mudik, Dipastikan Nol Lubang Ilustrasi perbaikan jalan. - Pixabay/Joshua Woroniecki

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan nasional di DIY sepanjang 262 kilometer siap dilewati saat mudik Lebaran 2023. Ratusan kilometer jalan nasional tersebut dijamin mulus tanpa lubang.

Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR menyebut empat paket ruas jalan yang sudah disiapkan meliputi rekonstruksi Jalan Wates-Milir-Sentolo, rehabilitasi dan pelebaran Jalan Karangnongko–Jogja–Prambanan, preservasi Jalan Jogja–Wonosari–Duwet, dan preservasi Jalan Jogja–Tempel–Pakem–Prambanan–Jogja.

Advertisement

“Penanggulangan lubang agar zero hole sudah kami laksanakan, H-14 harapannya sudah tidak ada lubang di seluruh jalan nasional di DIY,” kata Direktur Pembangunan Jalan, Ditjen Bina Marga Satrio Sugeng Prayitno, melalui keterangan tertulis, Senin (3/4/2023).

BACA JUGA: Diduga Terima Gratifikasi Selama 12 Tahun, Rafael Alun Trisambodo Akhirnya Ditahan KPK

Satrio menyebut 262 kilometer jalan nasional di DIY tersebut juga meliputi 112 kilometer JJLS dari Kulonprogo, Bantul, dan Gunungkidul. Pejabat Pembuat Komitmen Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Rokhmad Purnomo menjelaskan perbaikan jalan, khususnya menambal lubang, masih berlangsung.

“Beberapa titik, seperti Jalan Wonosari di Patuk sudah dipastikan tidak ada lubang, beberapa lainnya sedang dikebut agar dipastikan tidak ada lubang,” katanya, Senin (4/4/2023).

Rokhmad menyebut empat paket ruas jalan nasional yang ditangani BBPJN Jateng-DIY sudah dilakukan jauh hari sebelumnya. “Sebagian besar sudah dikerjakan dari 2022, seperti yang di Prambanan dan Sentolo,” jelasnya.

BBPJN Jateng-DIY, jelas Rokhmad, juga akan menyiapkan alat beratnya di sekitar jalan nasional yang rawan. “Sebagai antisipasi jika ada hal yang tidak diinginkan, misalnya longsor atau apa mengingat masih sering hujan juga. Seperti di Patuk itu kami sudah siapkan alat berat untuk jaga-jaga memastikan nanti penangananya cepat dan tidak mengganggu pemudik juga,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pelajar Meninggal saat Seleksi Paskibra Sempat Alami Kejang dan Mulut Keluar Busa

News
| Sabtu, 20 April 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement