Advertisement

Atasi Klitih, Sleman Gelar Apel Amarta

Catur Dwi Janati
Senin, 10 April 2023 - 11:27 WIB
Sunartono
Atasi Klitih, Sleman Gelar Apel Amarta Ilustrasi tawuran. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN— Pemkab Sleman menggelar Apel Siaga Sleman Aman Tertib dan Terkendali (Amarta) sebagai komitmen dalam menanggulangi kejahatan jalanan atau lazim disebut klitih, pada Senin (10/4/2023) di lapangan Pemda Sleman. Potensi remaja dinilai harus diarahkan ke kegiatan positif untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing. 

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo yang memimpin langsung jalannya apel menuturkan berbagai permasalahan remaja harus diatasi dan diantisipasi. Supaya, permasalahan tersebut tidak mengarah pada kenakalan remaja maupun bentuk aktivitas negatif lainnya.

Advertisement

BACA JUGA : Klitih dan Jogja Viral Lagi karena Pembacokan

Kustini menilai masa remaja menjadi periode yang rentan. Pasalnya pada momen itu menjadi masa untuk mencari jati diri maupun pengakuan lingkungan. Sehingga para remaja tadi menurut Kustini masih sangat mudah terpengaruh oleh faktor-faktor eksternal.

"Diperlukan langkah bersama dan strategi yang tepat dalam mengarahkan para remaja di Kabupaten Sleman khususnya untuk dapat mengisi masa-masa remaja dengan berbagai aktivitas positif," katanya.

Berdasarkan data Dinas Dukcapil Sleman, hingga Semester II Tahun 2022 ini jumlah penduduk usia remaja di Sleman mencapai 21,82 persen dari total jumlah penduduk Sleman. Berkaca dari data itu, Kustini menilai penduduk usia remaja di Sleman dapat menjadi potensi yang besar untuk diarahkan dan difasilitasi agar menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

BACA JUGA : Polisi Tangkap 15 Pelaku Klitih Jogja yang Viral, 9 Masih

Apel Amarta diadakan melalui kolaborasi berbagai pihak, mulai dari Forkopimda, pelajar, organisasi kepemudaan maupun organisasi kemasyarakatan lainnya. Perihal namanya, Amarta sendiri dalam cerita pewayangan dijelaskan Kustini merupakan sebuah kerajaan keluarga Pandawa yang aman, nyaman serta penuh kedamaian.  Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan Sleman akan menjadi tempat yang aman, nyaman dan damai bagi seluruh masyarakat. Tak terkecuali bagi para generasi muda.

"Melalui apel Amarta ini saya berharap akan terbangun komitmen seluruh stakeholder. Terutama dari para generasi muda di Kabupaten Sleman untuk melindungi masa depannya dan bersama-sama mencegah kejahatan jalanan, serta tindakan lainnya yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement