Advertisement

KPPU Klaim Harga Bapok Cenderung Turun, Jogja Siap Sambut Pemudik

Abdul Hamied Razak
Rabu, 12 April 2023 - 21:37 WIB
Abdul Hamied Razak
KPPU Klaim Harga Bapok Cenderung Turun, Jogja Siap Sambut Pemudik Kepala Kantor Kilayah (Kanwil) VII KPPU Yogyakarta M Hendry Setyawan

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Pada minggu ketiga Ramadan ini, berdasarkan hasil pemantauan harga-harga kebutuhan pokok di wilayah DIY cenderung mengalami penurunan harga. Persiapan yang dilakukan pemerintah cukup baik dalam menghadapi akhir Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Advertisement

Kepala Kantor Kilayah (Kanwil) VII KPPU Yogyakarta M Hendry Setyawan menyampaikan, penurunan harga terjadi dibeberapa komoditas utama, seperti komoditas daging ayam, telur, daging sapi dan cabai merah keriting.

"Padahal daging dan telur ayam merupakan dua komoditas utama yang dipakai masyarakat Jogja dalam masakannya, penurunan harga komoditas ini merupakan sinyal positif dalam pengendalian inflasi di daerah,” ujar Hendry melalui siaran persnya, Rabu (12/4/2023).

Tantangan berikutnya, lanjut Hendry, adalah menyediakan pasokan bahan kebutuhan pokok yang cukup buat kehadiran para pemudik di Jogja yang diperkirakan berjumlah 5,8 juta orang atau hampir dua kali lipat dari jumlah penduduk DIY sebesar 3,7 juta jiwa.

"Pekerjaan rumah berikutnya, adalah menyediakan pasokan bahan pangan yang cukup pada saat lebaran, karena penduduk DIY diperkirakan akan naik tiga kali lipat karena kehadiran para pemudik," kata Hendry.

Menurutnya, KPPU Kanwil VII akan terus melakukan upaya pengawasan dan berkolaborasi dengan para stakeholder untuk terus menjaga stabilitas harga dan memastikan kecukupan pasokan serta distribusinya. 

Pengawasan yang dilakukan oleh KPPU juga dalam rangka mencegah adanya upaya pelaku usaha, baik produsen ataupun distributor yang memanfaatkan situasi untuk menahan pasokan pada saat meningkatnya permintaan, dengan tujuan agar harga semakin naik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement