Advertisement

Siapkan Buka Puasa, Warga Bangunjiwo Dikagetkan Biawak 1,3 Meter Sembunyi di Kamar

Ujang Hasanudin
Rabu, 12 April 2023 - 19:07 WIB
Arief Junianto
Siapkan Buka Puasa, Warga Bangunjiwo Dikagetkan Biawak 1,3 Meter Sembunyi di Kamar Petugas mengevakuasi biawak di kamar tidur rumah warga di Perumahan Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Selasa (11/4/2023). - Istimewa/dok.Damkarmat BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul mengevakuasi seekor biawak yang masuk kamar tidur di rumah warga di Perumahan Bangunjiwo Graha Yasa, Kalurahan Bangunjiwo, Kapanewon Kasihan, Bantul, Selasa (11/4/2023) sore.

Biawak dengan panjang sekitar 1,3 meter dan berat sekitar lima kilogram tersebut bersembunyi di balik lemari kamar tidur. Pemilik rumah, Citra, awalnya sedang memasak untuk mempersiapkan buka puasa.

Advertisement

“Saat ibu Citra sedang memasak untuk persiapan buka puasa, tiba-tiba ada seekor biawak melintas di bawahnya dan langsung menuju ke dalam kamar,” kata Kepala Bidang Damkarmat BPBD Bantul, Irawan Kurnianto, Rabu (12/4/2023).

BACA JUGA: Waduh..Banyak Hewan Liar Masuk Rumah Warga Jogja Sejak Musim Hujan

Karena pelapor ketakutan, selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke petugas Pemadam Kebakaran. Pihaknya menerjunkan sebanyak empat personel pemadam kebakaran dari Pos Induk Kasihan untuk melakukan evakuasi biawak. Dengan dibekali sarung tangan, sepatu bot, dan tali rapia, petugas langsung melakukan evakuasi biawak.

Irawan mengaku petugas sempat kesulitan menangkap biawak karena biawak bersembunyi di balik lemari baju dalam kamar. Petugas pun harus menggeser terlebih dahulu lemarinya, kemudian menangkap biawak. “Petugas pun berhasil mengevakuasi biawak tersebut,” ucapnya.

Selanjutnya biawak diserahkan kepada pencinta satwa. Menurutnya, biawak masuk permukiman karena habitat asli yang terdesak oleh pembangunan perumahan dan pemukiman. Kemudian biawak tersebut mencari mangsa, biasanya makan ayam atau nyolong telur ayam dan sebagainya.

“Imbauan tetap jaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi tempat sembunyi hewan-hewan melata dan juga hewan lainya seperti biawak ini,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya menyediakan saluran bagi masyarakat yang ingin melapor jika mendapati biawak atau ular di sekitar dan dalam rumah.

“Kalau masyarakat menemukan biawak atau satwa liar yang berbahaya segera menghubungi petugas Damkar BPBD Bantul di nomor 0274-6462100 atau melalui call center 112,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement