Advertisement

Waduh..Banyak Hewan Liar Masuk Rumah Warga Jogja Sejak Musim Hujan

Triyo Handoko
Rabu, 26 Oktober 2022 - 16:07 WIB
Bhekti Suryani
Waduh..Banyak Hewan Liar Masuk Rumah Warga Jogja Sejak Musim Hujan Salah satu ular yang masuk rumah warga Jogja dan dievakuasi oleh petugas Damkar. Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Data Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Jogja menyebut mulai banyak hewan liar masuk ke rumah warga di musim penghujan ini. Per September lalu terdapat 177 evakuasi sarang tawon, 55 kali evakuasi ular dan biawak, serta 42 penyelamatan kucing dan anjing.

Hewan liar yang masuk dan mengganggu rumah warga juga mulai beragam. Setidaknya per Oktober, Damkar Jogja telah  melakukan evakuasi 10 ekor ular, satu ekor biawak, dan dua ekor musang.

Advertisement

Kepala Damkar Jogja Octo Noor Arafat menyebut untuk evakuasi musang liar tergolong jarang dilakukannya. “Kalau musang memang agak janggal, karena di perkotaan padat penduduk tapi ada musang liar yang sampai mengganggu rumah warga,” jelasnya, Rabu (26/10/2022).

Terkait musang liar masuk ke pemukiman, jelas Octo, ditengarai sebagai dampak perubahan iklim yang menyebabkan habitat musang rusak terutama saat musim penghujan karena diterjang banjir. “Karena memang banyak tempat di Jogja terutama pinggir sungai yang memang sudah tinggi airnya kalau musim hujan jadi mungkin habitat musang rusak terus ke rumah warga,” ujarnya.

 BACA JUGA: Jokowi Optimistis HUT RI 17 Agustus 2024 Sudah Bisa Digelar di IKN

Octo menjelaskan kawasan permukiman warga yang berada di bantaran sungai ukup rawan terjadi kasus hewan liar masuk rumah. “Jadi memang warga harus ekstra hati-hati, apalagi di musim penghujan ini,” katanya.

Beberapa kesalahan warga, lanjut Octo, dalam penanganan invasi hewan liar adalah penggunaan garam grosok. “Ular dan reptil lain itu tidak mempan dengan garam grosok, justru yang harus digunakan adalah bahan-bahan wewangian seperti kapur barus, semprotan pengharum ruangan, dan lainnya,” jelasnya.

Penataan lingkungan, jelas Octo, juga harus diperhatikan karena biasanya hewan liar masuk rumah yang berantakan. “Jadi untuk menanggulanginya saya imbau untuk penataan lingkungan,” ujarnya.

Pelatihan bagi sukarelawan Damkar Jogja dilakukan untuk mengantisipasi terus tingginya invasi hewan liar ke rumah warga. “Tapi tetap jika butuh bantuan Damkar Jogja, silahkan hubungi call center kami, nanti kami bantu evakauasi” tegasnya.

Berikut ini call center Damkar Jogja jika masyarakat butuh bantuan evakuasi hewan liar yang masuk ke rumahnya, 0811-2828-133 dan 0274-587101.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement