Advertisement

SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Bagikan Ribuan Takjil Selama Ramadan

Media Digital
Kamis, 13 April 2023 - 19:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Bagikan Ribuan Takjil Selama Ramadan Siswa dan guru SMK Muhammadiyah 1 Moyudan berbagi takjil di simpang empat Gedongan, Moyudan pada Kamis (13/4/2023). - Harian Jogja

Advertisement

SLEMAN—Puluhan siswa SMK Muhammadiyah 1 Moyudan turun ke jalan setiap harinya untuk berbagi takjil kepada masyarakat. Kegiatan yang banyak melibatkan siswa diharapkan jadi ajang pembelajaran siswa untuk berbagai kepada sesama.

Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, Tri Suwarni menerangkan sekolah mengadakan berbagi takjil selama 27 hari. Kegiatan ini dimulai dari 24 Maret lalu dan akan dilakukan hingga 19 April nanti.

Advertisement

Setiap hari rata-rata 100 takjil disiapkan. Total sekitar 3000 takjil akan dibagikan kepada para pengendara yang melintas di daerah Moyudan. "Per hari ini sudah terbagi 2281 takjil, nanti total 3001 takjil. Belum di luar donatur," jelasnya pada Kamis (13/4/2023).

Dijelaskan Tri, melalui kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kepedulian siswa terhadap sesama. Apalagi di bulan ramadan untuk mengajarkan siswa sedekah juga. 

"Juga memupuk kerja sama, karena berbagi takjil itu kan tidak hanya membutuhkan satu dua orang. Tapi banyak siswa sesuatu kelas, " tambahnya. 

Kegiatan ini menggunakan dana dari sekolah dan Lazizmu SMK Muhammadiyah 1 Moyudan. Dana tersebut lantas dibagikan ke masing-masing kelas untuk dikelola menjadi takjil yang nantinya dibagikan kepada warga.

"Nanti oleh wali kelas dikoordinasi sama siswa di kelasnya apabila nanti ada donatur dari siswanya atau dari orang tuanya nanti bisa ditambahkan di situ," ungkapnya. 

Beberapa siswa ikut menyumbangkan uangnya untuk berbagi takjil ini. Sisanya ikut menyumbang tenaga dalam terselenggaranya kegiatan berbagi takjil ini. 

Setidaknya 15-20 siswa turun ke jalan menambahkan takjil di area simpang empat Gedongan, Moyudan.Para siswa dijadwal secara bergantian sesuai jadwal kelasnya. 

"Karena yang melakukan aksi di jalan itu siswa ya harapannya mereka memiliki rasa cinta kasih untuk berbagi siapa sesama di bulan ramadan ini. Apalagi ramadan itu bulan yang penuh ladang pahala untuk kita berbuat kebaikan, menolong sesama, berbagi," jelasnya. BC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement