Advertisement

Hore! Dilengkapi 32 CCTV, JJLS Gunungkidul Siap Menyambut Pemudik

David Kurniawan
Kamis, 13 April 2023 - 16:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Hore! Dilengkapi 32 CCTV, JJLS Gunungkidul Siap Menyambut Pemudik Aktivitas kendaraan di JJLS di persimpangan Baron di Kalurahan Kemadang, Tanjungsari. Selasa (11/4/2023) Harianjogja - David Kurniawan.

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Pemkab Gunungkidul memastikan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) yang membentang dari Kapanewon Purwosari hingga Rongkop siap dipergunakan untuk kepentingan libur Lebaran.

Diharapkan jalan baru tersebut bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada pemudik maupun wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul.

Advertisement

Sekretaris Daerah Gunungkidul, Sri Suhartanta mengatakan pembangunan JJLS untuk ruas Tepus-Jerukwudel masih berlangsung hingga sekarang. Meski demikian, secara umum jalur ini sudah bisa dilalui untuk kepentingan mudik maupun kunjungan wisata.

“Sudah dibuka dan bisa digunakan menyambut libur Lebaran di tahun ini,” kata Sri Suhartanta kepada wartawan, Kamis (13/4/2023).

Dia mengakui keberadaan JJLS memberikan peran signifikan dalam mengurai kemacetan lalu lintas. Pasalnya, jalur baru ini bisa menjadi alternatif pengguna jalan sehingga arus lalu lintas tidak terfokus di satu titik saja.

“Harapannya dengan pembukaan JJLS, bisa mewujudkan rasa aman dan nyaman pada saat berlebaran,” ungkap mantan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah ini.

Tidak hanya menfungsikan JJLS, katanya, jalur tersebut juga dilengkapi dengan CCTV. Peralatan tersebut lanjutnya, bisa membantu pengendara guna mengetahui kondisi arus lalu lintas di Gunungkidul.

“Ada 32 titik CCTV yang terpasang. Sebarannya tidak hanya di daerah perbatasan, tapi ada yang terpasang di titik-titik vital,” katanya.

Menurutnya, pantauan via CCTV ini bisa diakses secara luas oleh masyarakat. “Sebelum berangkat, mungkin masyarakat bisa mengaksesnya melalui laman yang telah tersedia,” ungkapnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, untuk JJLS siap dibuka. Menurutnya, beberapa hari lalu ada peninjauan ke jalur baru ini guna persiapan menyambut Lebaran. "(JJLS) sudah bisa dipakai, ada fasilitas rest area di Kalurahan Nglindur, Girisubo,” katanya.

Untuk kelancaran arus, Dishub sudah berkoordinasi dengan pihak terkait guna pemasangan rambu.  “JJLS Bantul naik ke Purwosari ke timur. Memang masih ada sekitar 12 kilometer yang masih proses pengerjaan. Sedangkan di perbatasan dengan Wonogiri sudah jadi sehingga wisatawan bisa mengaksesnya,” kata Bayu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PDIP Sebut PKS Bermain Aman dengan Mengusung Khofifah-Emil di Pilkada 2024

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 08:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement