Advertisement

Gempa Magnitudo 6,6 Berpusat di Tuban, Terasa Lama Mengguncang Jogja

Budi Cahyana
Jum'at, 14 April 2023 - 17:15 WIB
Budi Cahyana
Gempa Magnitudo 6,6 Berpusat di Tuban, Terasa Lama Mengguncang Jogja Ilustrasi gempa Jogja - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gempa Bumi dengan magnitudo 6,6 berpusat di 68 kilometer barat laut Tuban, Jawa Timur, Jumat (14/4/2024) sore. Gempa di kedalaman 632 kilometer itu terasa mengguncang Jogja cukup lama.

Gempa terjadi pada pukul 16.55 WIB. Getaran terasa cukup lama meski tidak terlalu kuat.

Advertisement

BACA JUGA:  Simak! Ini Barang Paling Laris saat Ramadan-Lebaran versi Tokopedia

“Getaran ini agak lama, terasa goyang-goyang dan bikin kepala pusing,” ujar Suryani, pekerja swasta di Jl. AM Sangaji, Jetis, Jogja.

Beberapa teman sekantornya keluar ruangan karena guncangan gempa terasa tidak sebentar. Gempa juga dilaporkan terasa hingga Jakarta.

Menurut akun Twitter BMKG, gempa berpusat di barat laut Tuban dengan kedalaman 632 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami. Tak sekali ini saja Jogja bergetar oleh gempa dalam sebulan terakhir.

Pada Jumat, 17 Maret 2023 malam, gempa dengan magnitudo 5,2 mengguncang barat daya Kulonprogo. Gempa terasa kencang sampai ke Kota Jogja dan sejumlah wilayah di Jawa Tengah.

Menurut keterangan yang diunggah akun Twitter @infoBMKG, gempa berpusat di 8,89 lintang selatan dan 109,77 bujur timur atau 126 kilometer barat daya Kulonprogo. Gempa berkekuatan magnitufo 5,2 dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa terjadi pada pukul 19.95.27 WIB.

Gempa terasa kencang di Jogja. Yudhi, karyawan perusahan perusahaan swasta di Jogja, mengatakan guncangan gempa terasa besar dan mengejutkan saat dia sedang bekarja.

“Lumayan terasa dan mengagetkan,” kata Yudhi.

Saking terkejutnya, Yudhi sampai akan masuk ke kolong meja. Namun, Yudhi mengurungkan niatnya karena guncangan gempa di Jogja hanya sebentar. Gempa juga terasa kuat di Wonosobo, Jawa Tengah. “Saya sedang duduk-duduk ketika gempa terasa cukup kuat. Sempat berlari keluar rumah juga,” ujar Teguh, warga Kecamatan Leksono, Wonosobo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Transformasi Digital Toko Kelontong, Lakukan Strategi Ini

News
| Rabu, 31 Mei 2023, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Gunung Bromo Bersalju, Ini Fakta Fenomena Embun Upas

Wisata
| Selasa, 30 Mei 2023, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement