Advertisement

Pesawat Koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Ditata Sesuai Sejarah

Yosef Leon
Senin, 17 April 2023 - 07:07 WIB
Maya Herawati
Pesawat Koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Ditata Sesuai Sejarah Koleksi pesawat Muspusdirla Jogja yang tengah ditata ulang sesuai dengan sejarahnya Minggu (16/4 - 2023) (email)

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pesawat-pesawat koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) akan pindah tempat. Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala Kolonel Sus Yuto Nugroho menyampaikan hal tersebut, Minggu (16/4/2023).

Dijelaskannya sejumlah pesawat di Ruang Alutsista akan pindah tempat atau reposisi, namun masih di ruang yang sama. Untuk helikopter dan Radar Nysa akan ditempatkan di halaman museum.

Advertisement

"Empat helikopter akan ditempatkan di halaman sisi utara, termasuk 1 unit radar Nysa. Sementara pesawat Dakota, JetStar dan replika pesawat Dakota VT-CLA di posisi yang sama," jelas Kolonel Sus Yuto Nugroho.

Reposisi pesawat menurut Kolonel Sus Yuto Nugroho berdasarkan sejarahnya. Berbeda dengan penataan sebelumnya yang bedasarkan negara pembuat, Blok Barat dan Blok Timur.

Pemindahan dan penataan kembali koleksi pesawat, dilakukan oleh Skadron Teknik 043 Pangkalan Udara Adisutjipto. Pengerjaannya sudah dimulai sejak tanggal 3 April 2023 dan diperkirakan akan memakan waktu selama 60 hari kerja.

Terkait dengan pelaksanaan pemindahan dan penataan kembali koleksi pesawat, Kolonel Sus Yuto Nugroho menyampaikan permintaan maaf kepada pengunjung Muspusdirla atas ketidaknyamanan selama kunjungan.

"Saya minta maaf atas ketidaknyamanan pengunjung selama melihat koleksi pesawat khususnya di Ruang Alutsista," kata Kolonel Sus Yuto Nugroho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement