Advertisement

Pagi Ini, Warga Panggang Gunungkidul Ada yang Merayakan Lebaran

David Kurniawan
Kamis, 20 April 2023 - 05:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Pagi Ini, Warga Panggang Gunungkidul Ada yang Merayakan Lebaran Suasana di Masjid Syuhada jelang Ramadan, Selasa (21/3/2023). - Harian Jogja - Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, Gunungkidul – Ratusan warga di Dusun Warak, Girisekar, Kapanewon Panggang merayakan Lebaran lebih awal, pada Kamis (20/4/2023) pagi. Warga akan menggelar Salat Id di Masjid Alquba.

Kepala Dusun Warak, Sudarisman mengatakan, warga dari RT01 sampai dengan 05 akan menggelar Salat Id pada Kamis pagi. Hal ini berarti warga akan merayakan Idulfitri lebih awal.

Advertisement

“Total di sini [Dusun Warak] ada sekitar 350 orang yang merayakan Idulfitri duluan. Saya juga termasuk yang merayakan lebih awal,” kata Sudarisman, Rabu (19/4/2023) malam.

Dia menjelaskan, persiapan pelaksanaan Salat Id sudah dilakukan. Selain berkoordinasi dengan pihak kalurahan, juga sudah dilakukan takbiran untuk menyambut Hari Raya Idulfitri.

“Setelah Magrib dilakukan takbiran, tapi lokasinya hanya di masjid,” katanya.

Disinggung mengenai perayaan Lebaran lebih awal, ia mengakui mengikuti ajaran dari jamaah Aolia yang dipimpin oleh Mbah Benu. Menurutnya, puasa yang dilakukan tetap 29 hari karena juga memulainya juga lebih awal.

“Awal puasa kami Rabu [22 Maret 2023]. Jadi, kalau dihitung puasanya tetap 29 hari,” ungkapnya.

Ia mengakui, perayaan Lebaran lebih awal tidak hanya terjadi di Dusun Warak. Pasalnya, di Dusun Jeruken (juga di Kalurahan Girisekar) juga melakukan hal yang sama.

“Kalau tempat kami ada lima RT, sedangkan di Jeruken hanya di tiga RT. Rencananya salat dilaksanakan di Masjid Aulia Jeruken,” katanya.

Selain di Kalurahan Girisekar, Lebaran lebih awal juga terselenggara di beberapa kalurahan lain di Kapanewon Panggang. Rencananya Salat Id pada Kamis pagi juga diselenggarakan Masjid Aolia Temuireng 1 di Kalurahan Girisuko; Masjid Aolia Panggang 3, Masjid Almaunah di Dusun Banyumeneng 1 dan Masjid Albarokah di Dusun Banyumeneng 2 di Kalurahan Giriharjo.

“Iya benar, bersamaan Salat Id di Warak dan Jeruken, juga digelar di Dusun Temuireng 1 [Girisuko], Panggang 3, Banyumeneng 1 dan 2 di Kalurahan Giriharjo,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Predksi BMKG: Seluruh Wilayah Indonesia Hujan Lebat Hari Ini

News
| Sabtu, 27 April 2024, 08:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement