Advertisement

Arus Balik Lebaran 2023, Begini Kondisi 2 Titik Pintu Masuk ke DIY

Catur Dwi Janati
Senin, 24 April 2023 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Arus Balik Lebaran 2023, Begini Kondisi 2 Titik Pintu Masuk ke DIY Obelix Village.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dua pintu masuk Sleman mulai dipadati kendaraan yang hendak mengunjungi DIY. Arus kendaraan selanjutnya akan tersebar ke berbagai destinasi wisata yang ada.

Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana menyebutkan setidaknya ada dua titik di Sleman yang mengalami kepadatan kendaraan pada momen libur lebaran ini. Titik pertama penumpukan kendaraan terjadi di pintu masuk Sleman sisi timur yakni di Prambanan, sedangkan lokasi kepadatan kendaraan lainnya ada di area Tempel. Keduanya merupakan pintu masuk ke Sleman yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

"Hari ini [kemarin] yang posko Prambanan dominasinya arah ke Jogja, artinya ke obyek-obyek wisata. Baik ke Prambanan maupun ke tempat yang lain. Kemudian dari yang arah Tempel juga antrean yang masuk luar biasa, sampai hampir Jembatan Tempel itu," ujarnya pada Minggu (23/4/2023).

Advertisement

Menurut Arip hingga Minggu (23/4/2023) malam, arus lalu lintas kendaraan masih dipadati para wisatawan. Selain wisatawan, potensi kendaraan yang lalu lalang saat ini merupakan masyarakat yang ingin melakukan silaturahmi ke sanak famili.  "Mungkin ini wisatawan, jadi keluar masuk itu karena wisata dan silaturahmi. Sehingga lalu lintasnya cenderung lumayan padat. Hanya di pintu Prambanan dan Pintu Tempel," tegasnya.

Sementara arus lalu lintas menuju Kaliurang belum menunjukan adanya penumpukan kendaraan. "Masih lancar terkendali untuk lalu lintasnya," ujarnya. 

Meski terjadi peningkatan volume kendaraan di Tempel maupun Prambanan, Arip menjelaskan belum ada skenario penarikan kendaraan secara manual yang diterapkan. "Kalau dirasa diperlukan rekayasa lalu lintas tentunya akan dilakukan penarikan dan sebagainya. Tapi saat ini menggunakan APILL yang ada. Jadi belum sampai dilakukan tarikan manual," ungkapnya. 

Skenario durasi APILL yang berada di bawah kewenangan Dishub Sleman pun  belum ada yang mengalami perubahan hingga kini. "Sampai saat ini [durasi] masih seperti yang hari-hari biasa. Masih enggak ada penambahan untuk durasi APILL," tambahnya.  

Arip berpandangan kendaraan yang memadati pintu masuk Sleman selanjutnya terurai sesuai arah tujuan wisata masing-masing pengendara. Bisa mengarah ke obyek wisata yang ada di Sleman, Kota Jogja atau wilayah lainnya di DIY.  "Arah lalu lintas memang didominasi arah masuk ya, tetapi setelah itu menyebar ke obyek wisata tidak terpusat di satu titik," jelasnya.

Ditinjau dari jenis kendaraannya, kendaraan pribadi masih mendominasi arus lalu lintas di libur lebaran ini. "Masih kendaraan pribadi, hampir semuanya. Karena kendaraan umum juga saat ini belum," ujarnya.

Arip memprediksi tren peningkatan arus kendaraan di pintu masuk Sleman dalam rangka wisata ini akan bertahan hingga Senin (24/4/2023). "Saya kira sampai besok, besok itu masih dominasi untuk wisata. Kemudian untuk hari Selasanya prediksi kami sudah arus balik, keluarnya lebih banyak," tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement