Advertisement

Libur Lebaran, PMI DIY Dorong Warga Tetap Donor Darah

Abdul Hamied Razak
Selasa, 25 April 2023 - 15:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Libur Lebaran, PMI DIY Dorong Warga Tetap Donor Darah General Manager Garuda Indonesia Branch Office Yogyakarta Flora Izza ketika mengikuti aksi donor darah di Kantor Gapura Angkasa Yogyakarta, Sleman, Rabu (23/1). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Palang Merah Indonesia (PMI) DIY meminta masyarakat menyempatkan diri melakukan donor darah di sela bersilaturahim selama libur Lebaran 2023.

"Mohon untuk tetap donor darah di sela silaturahim Lebaran agar stok terjaga, sehingga saudara-saudara kita yang membutuhkan tetap terlayani dengan baik," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pelayanan PMI DIY Warjiyani, Selasa (25/4/2023).

Advertisement

Menurut Warjiyani, hingga hari ketiga Lebaran persediaan kantong darah di DIY aman. Ia menyebutkan berdasar data pada Senin (24/4/2023), stok darah di PMI se-DIY untuk golongan darah A komponen darah utuh atau whole blood (WB) 48 kantong, sel darah merah atau PRC 106 kantong dan trombosit atau TC tujuh kantong.

Golongan darah B untuk komponen WB 38 kantong, PRC 107 kantong, TC delapan kantong. Golongan darah O untuk komponen WB 50 kantong, PRC 150 kantong dan TC 17 kantong. Sedangkan golongan darah AB komponen WB 36 kantong, PRC 49 kantong, dan TC tujuh kantong.

"Di Kota Jogja persediaan darah aman sampai selesai Lebaran. Sehari 40-an yang berhasil (donor darah) dari tanggal 21 sampai hari ini," kata dia.

Menurut dia, rata-rata kebutuhan darah di lima PMI kabupaten/kota di DIY per bulan 6.700 kantong dengan rincian PMI Kota Jogja 3.000 kantong per bulan, PMI Kabupaten Sleman 1.800 kantong per bulan, PMI Bantul 1000 kantong per bulan, serta PMI Kabupaten Kulon Progo 400 kantong per bulan dan Gunungkidul sebanyak 500 kantong darah per bulan.

"Misal ada satu yang kurang nanti didrop dari unit donor darah (UDD) yang cukup. Koordinasi antar-UDD, saling mendukung dan backup," kata dia.

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI DIY Suryanto mengatakan stok darah relatif tercukupi, namun yang perlu diantisipasi adalah setelah Lebaran pada pekan kedua. Menurut dia, biasanya pendonor darah menurun karena banyak yang mudik atau masih fokus silaturahim.

"Bagi mereka yang sudah mendapatkan notifikasi dari PMI untuk berdonor darah kembali, bisa segera mengunjungi unit donor darah PMI agar mereka yang membutuhkan tetap mendapatkan pelayanan dengan baik," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement