Advertisement

Wow! Serapan Uang Kartal di DIY Saat Lebaran Capai Rp4,9 T

Anisatul Umah
Jum'at, 28 April 2023 - 11:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Wow! Serapan Uang Kartal di DIY Saat Lebaran Capai Rp4,9 T 7 pecahan uang Rupiah Kertas Tahun Emisi 2022 - Bank Indonesia

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY mencatat serapan uang kartal saat lebaran mencapai Rp4,9 triliun. Jika dihitung dari uang kartal yang disediakan Rp5,4 triliun artinya serapan mencapai 90,74 persen.

Kepala BI DIY, Budiharto Setyawan mengatakan jumlah ini meningkat sekitar Rp700 miliar dari capaian tahun lalu Rp4,2 triliun. "Dari kami siapkan jumlah tersebut [Rp5,4 t] terserap Rp4,9 triliun," ucapnya, Jumat (28/4/2023).

Meski disediakan uang kartal BI tetap mendorong transaksi dilakukan secara non tunai. Baik melalui QRIS, BI Fast, kartu kredit, dan lainnya.

"Kami belum ada datanya [jumlah transaksi non tunai selama lebaran] secara himbauan mengantisipasi meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk transaksi untuk melakukan non tunai juga," jelasnya.

Selama periode libur lebaran berdasarkan pengamatannya di beberapa tempat kuliner sudah banyak yang menyediakan layanan pembayaran non tunai. Menandakan transaksi non tunai yang semakin masif.

"Saya gak kemana-mana di Jogja lebaran, saya cek tempat-tempat kuliner alhamdulillah beberapa tempat yang saya kunjungi sudah sediakan QRIS, jadi bisa bayar dengan QRIS."

Sebelumnya dia menyampaikan uang kartal Rp5,4 triliun yang disediakan naik 23 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Peningkatan ini dalam rangka mengantisipasi lonjakan kebutuhan uang tunai saat mudik lebaran dan memastikan ketersediaan uang tunai di ATM.

"Dari sisi kebutuhan uang tunai, BI DIY mengestimasikan kebutuhan uang tunai akan meningkat 23 persen [year on year/yoy] atau sekitar Rp5,4 triliun dibandingkan tahun lalu."

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement