Advertisement

Lewat Gerindra, Titiek Suharto kembali Maju Caleg DPR RI dari Dapil DIY

Triyo Handoko & Abdul Hamied Razak
Minggu, 14 Mei 2023 - 19:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Lewat Gerindra, Titiek Suharto kembali Maju Caleg DPR RI dari Dapil DIY Logo Partai Gerindra - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Siti Hediati Hariyadi atau yang akrab disapa Titiek Suharto maju sebagai calon legislatif (caleg) DPR RI pada Pemilu 2024 dari daerah pemilihan (dapil) DIY. Pada tahun ini, Titiek maju melalui Gerindra, partai besutan mantan suaminya, Prabowo Subianto. 

Pada Pemilu 2019 lalu, Titiek juga maju sebagai Caleg DPR RI menggunakan Partai Berkarya. Namun mantan politisi Partai Golkar ini dinyatakan tidak lolos ke kursi DPR RI karena hanya memperoleh raihan 25.159 suara.

Advertisement

Selain Titiek, Gerindra juga mengusung Yuni Astuti yang merupakan mantan Ketua Perindo DIY untuk maju sebagai caleg DPR RI dari DIY. Persaingan di tubuh Gerindra untuk DPR RI semakin sengit karena mantan calon Bupati Sleman 2020, Danang Wicaksana Sulistya juga ikut bertarung merebutkan kursi DPR RI di DIY.

BACA JUGA: Menit-Menit Akhir Pendaftaran, Gerindra Sleman Daftarkan 50 Bacaleg, 6 Di antaranya Petahana

Beruntung, petahana DPR RI dari Gerindra di DIY, Andika Pandu Puragabaya untuk Pemilu 2024 mendatang tidak mencalonkan diri dari Dapil DIY. Dikabarkan, anak mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso, akan bertarung melalui Dapil lain.

Ketua Gerindra DIY Danang Wahyu Broto menjelaskan informasi pencalonan tiga tokoh politik tersebut berasal dari DPP Gerindra. “Info dari pusat tiga nama besar itu yang diusung di dapil DIY, sementara petahana DPR RI dari Gerindra di DIY yaitu mas Andika Pandu Puragabaya pindah dapil lain,” jelasnya, Minggu (14/5/2023).

Danang menjelaskan tiga tokoh politik yang diusung DPP Gerindra untuk DPR RI dapil DIY sudah teruji dalam dunia politik. “Mbak Titiek kan jelas beliau anak Suharto, mbak Yuni juga tokoh politik yang sudah malang melintang sampai turut membesarkan Perindo di DIY, mas Danang ini kemarin maju Bupati Sleman tapi belum berhasil,” katanya.

Informasi lengkap soal pencalonan tiga tokoh politik tersebut, jelas Danang, lebih baik menunggu pengumuman DPP Gerindra. “Kami juga masih terus koordinasi dengan DPP, nanti pasti akan diumumkan,” terangnya.

BACA JUGA: Gerindra Mendaftarkan 40 Bakal Caleg ke KPU Kulonprogo

Sementara itu, tujuh anggota DPRD DIY dari Gerindra dipastikan maju lagi dalam Pemilu 2024 mendatang. “Semuanya termasuk saya maju lagi ke DPRD DIY, ada anggota DPRD kabupaten/kota juga yang naik pencalonan ke DPRD DIY,” ujar Danang.

Salah satu anggota DPRD Bantul, Nur Subiantoro, jelas Danang, maju ke pencalonan DPRD DIY. “Dipastikan semua calon kami solid, dari tingkat DPR RI sampai kabupaten/kota,” ucapnya.

Pada Sabtu (13/5/2023) kemarin, Gerindra DIY telah mendaftarkan 55 bacalegnya ke KPU DIY. “Bacaelg perempuan sekitar 33%, lalu bacaleg milenial sekitar 25%, cukup representative untuk masyarakat DIY, kami optimis menyongsong Pemilu 2024,” tegas Danang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Ingatkan Masyarakat berhati-hati dalam Memberikan Informasi Data Pribadi

News
| Minggu, 21 Juli 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement