Advertisement

Baznas Bantu Renovasi Rumah Tak Layak Huni Warga Jogja

Triyo Handoko
Minggu, 14 Mei 2023 - 20:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Baznas Bantu Renovasi Rumah Tak Layak Huni Warga Jogja Ilustrasi - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja membantu renovasi rumah tak layak huni. Dana bantuan bersumber dari zakat yang diterima Baznas.

Perolehan zakat Ramadan 2023 yang diterima Baznas Kota Jogja mengalami peningkatan jadi Rp1,5 miliar, di mana Ramadan 2022 mencapai Rp1,3 miliar. “Bantuan yang kami berikan untuk renovasi rumah warga yang membutuhkan sebesar Rp50 juta,” kata Ketua Baznas Kota Jogja Syamsul Azhari, Minggu (14/5/2023)

Advertisement

Syamsul menjelaskan bantuan tersebut sebagai bentuk komitmen Baznas untuk menyalurkan zakat yang diberikan muzakki atau pemberi zakat. “Peningkatan perolehan zakat kami Ramadan kami sebesar 16 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini target kami mengumpulkan Rp12 miliar zakat yang nantinya disalurkan secara amanah dan transparan serta akuntabel,” jelasnya.

Target pengumpulan zakat sebanyak Rp15 miliar, jelas Syamsul, tidak terlepas dari meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Baznas. “Semakin dipercaya masyarakat, maka semakin masyarakat akan menunaikan zakatnya melalui kami, sehingga kampanye dan edukasi agar kepercayaan masyarakat meningkat ini yang terus dilakukan,” terangnya.

Peningkatan kepercayaan masyarakat terhadap Baznas Kota Jogja, lanjut Syamsul, salah satunya dengan menyalurkan zakat sesuai kriterianya dan tepat sasaran. “Termasuk untuk merenovasi rumah tak layak huni ini kami pastikan tersalurkan dengan baik, tepat sasaran, dan bermanfaat bagi penerimanya,” katanya.

Selain itu, Syamsul juga menyebut Baznas Kota Jogja selalu membuka transparansi dan akuntabilitas pengumpulan dan penyaluran zakat. “Agar masyarakat semakin percaya, kami juga membuka laporan keuangan terutama perolehan zakat dan penyalurannya dapat dilihat bersama dan diawasi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ASN Akan Dipindah ke Ibu Kota Nusantara Secara Bertahap hingga 2029, Ini Prioritasnya

News
| Jum'at, 19 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement