Advertisement

Gelar Syawalan, Seniman Khat Membatik Karya di Pegunungan Piyungan

Hadid Husaini
Senin, 15 Mei 2023 - 08:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Gelar Syawalan, Seniman Khat Membatik Karya di Pegunungan Piyungan Seniman Khast berkarya dengan membatik di pegunungan Piyungan, Bantul, Minggu (14/5/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sejumlah anggota seniman muslim Khat menggelar syawalan yang diisi dengan kegiatan membatik pada Minggu (14/5/2023) di Piyungan, Bantul atau di  Studio Omah Gunung, Piyungan, Bantul.

Di tempat milik seniman Januri tersebut, berbagai seniman yang sudah cukup populer turut serta dalam acara tersebut seperti Mantan Kepala Benteng Vredeburg, Budiharjo bersama dengan Dalang Wayang Kekayon , Ki Lutfi Caritagama,  pelukis suryalis Teguh Wiyatno dan Seniman asal Wonosobo, Sugeng Pribadi dan masih banyak lagi.

Advertisement

Praktisi kreator batik kontemporer, Hanif Sofyan menorehkan kuas yang dilumuri malam yang panas di atas kain putih. Dosen dan praktisi, Aruman menyampaikan tujuan yang ia inisiasi tersebut. “Dengan mengekspresikan lewat kuas canting berisi malam ini, Kedepan akan lebih banyak dipakai dengan baju dengan berbagai ukuran,” sebutnya.

Dirinya menyampaikan tema besar dalam kegiatan melukis kali ini tidak terlalu spesifik, namun hanya sebagai sarana untuk mengekspresikan diri dan membuat karya

Para seniman tersebut membatik dengan lihainya di dataran tinggi pegunungan di Piyungan yang cukup eksotis. Sambil melihat wilayah di sekitar pegunungan, para seniman tersebut begitu bergembira.

Kegiatan melukis tersebut justru dimanfaatkan oleh beberapa seniman dengan melakukan hal lain sesuai dengan bidangnya yang digeluti. Salah satunya Konten Kreator Painting Eksplorer ISI Jogja, Deni je yang asyik melakukan live video Youtubenya sambil membatik.

Salah satu pengasuh pondok pesantren Panatagama, Yoyok Tindyo Prasetyo begitu lihai menggunakan canting untuk menorehkan lukisannya di kanvas. “Saya berharap santri saya punya jiwa seni yang menantang, sama seperti dakwah” katanya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Video Viral Kejadian Unik, Truk Melaju Tanpa Sopir di Tol Kalikangkung Semarang

News
| Kamis, 18 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement