Advertisement

Bakal Jadi Sentra UKM, Eks Hotel Mutiara Mulai Dibangun

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 21 Mei 2023 - 19:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bakal Jadi Sentra UKM, Eks Hotel Mutiara Mulai Dibangun Eks Hotel Mutiara sedang direnovasi. - Dok/ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan fisik eks Hotel Mutiara yang diproyeksikan akan menjadi sentra Usaha Kecil Menengah (UKM) berbasis ekonomi kreatif (ekraf) mulai dilakukan. Diperkirakan bangunan tersebut akan dapat digunakan akhir tahun 2024. 

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi menyampaikan eks Hotel Mutiara akan pembangunan fisik eks Hotel Mutiara telah berlangsung sejak bulan ini. Pembangunan dengan anggaran Rp.23 miliar tersebut menurut Siwi akan dilakukan dengan melakukan rehabilitas gedung eks Hotel Mutiara serta melakukan penataan interior gedung tersebut. Diperkirakan gedung tersebut dapat digunakan mulai tahun depan. 

Advertisement

“Pastinya tahun ini belum selesai secara total. Kita membangun pertama sesuai dengan perencanaan. Kita siapkan dulu, kita bangun dulu dari sisi sarana prasarana, dalam sisi gedungnya. Di gedung nanti ada interior, itu di tahap berikutnya,” ucapnya, Minggu (21/5/2023). 

Siwi memproyeksikan gedung tersebut akan menjadi sentra pelaku UKM berbasis ekonomi kreatif (ekraf). Nantinya sejumlah UKM yang telah lolos kurasi akan dapat mempromosikan ide dan produknya di gedung tersebut. 

Baca juga: Industri Tekstil dan Alas Kaki Rontok, Ini Deretan Pabrik yang PHK Ribuan Karyawannya

“Disitu akan jadi pusat pelaku ekonomi kreatif yang nantinya produknya ada disitu, jualannya disitu. Namun harus memenuhi standar yang kita tentukan, seperti lolos kurasi,” ucapnya. 

Menurut Siwi pelaku UKM yang dapat menempati gedung tersebut harus terdaftar dalam Sibakul, kemudian juga harus memiliki manajemen keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kelembagaan yang baik. 

Digadang-gadang sebagai sentra UKM, Siwi menyampaikan gedung tersebut akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang menunjang promosi produk UKM, antara lain ruang display dan kreasi produk UKM, Ada pula ruang publik, ruang edukasi, dan ruang inkubasi bisnis yang mendukung perkembangan UKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tujuh Pelaku Penggelapan Kendaraan Bermotor Jaringan Internasional Ditangkap Bareskrim Polri

News
| Kamis, 18 Juli 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Gemar Wisata Horror? 7 Tempat Angker di Asia Ini Bisa Masuk Travel List

Wisata
| Rabu, 17 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement