Advertisement

Baznas Gunungkidul Targetkan Perbaikan Rumah Tak Layak Huni 100 Unit

David Kurniawan
Selasa, 23 Mei 2023 - 13:07 WIB
Maya Herawati
Baznas Gunungkidul Targetkan Perbaikan Rumah Tak Layak Huni 100 Unit Rumah tak layak huni - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gunungkidul tahun ini menargetkan pembangunan rumah tak layak huni (RTLH) untuk 100 keluarga kurang mampu. Selain itu, juga ada pemberian paket sembako kepada lansia di Bumi Handayani.

Ketua Baznas Gunungkidul, Mustangid mengatakan, tugas dari Baznas tidak hanya menarik zakat, namun juga ada kewajiban menyalurkannya. Adapun penyaluran banyak diwujudkan dalam berbagai program sosial kemanusiaan. Salah satu yang sudah terlaksana adalah perbaikan RTLH bagi keluarga kurang mampu. Program ini sudah berlangsung sejak lama dan terus dilaksanakan setiap tahunnya.

Advertisement

“Tahun ini kami targetkan 100 pembangunan RTLH. Hingga sekarang yang sudah selesai dibangun ada 12 rumah,” kata Mustangid, Senin (22/5/2023). Dia menjelaskan, perbaikan RTLH yang telah selesai, salah satunya berada di Kalurahan Patuk, Patuk. Perbaikan dengan memugar rumah yang ada sehingga layak ditempati.

“Sudah bisa ditinggali dan peresmian dilakukan oleh Bupati Gunungkidul, sekaligus menjadi rangkaian peringatan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Gunungkidul,” ungkapnya.

Menurut Mustangid, Baznas juga ikut berperan dalam upaya pengentasan kemiskinan. Program yang dijalankan dengan memberikan santunan rutin kepada 23 lansia di Bumi Handayani.

BACA JUGA: 2 Terduga Pelaku Penipuan Penjualan Tiket Coldplay Ditangkap

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, untuk penanganan permasalahan sosial juga membutuhkan dukungan dari pihak lain. Salah satunya lewat peran baznas selaku lembaga yang menyalurkan bantuan.

“Salah satunya dilakukan dengan pelaksanakan bedah rumah atua perbaikan RTLH,” kata Sunaryanta.

Menurut dia, perbaikan yang dilakukan sangat membantu dikarenakan di Gunungkidul masih ada belasan ribu rumah berstatus tak layak huni. “Diharapkan dengan perbaikan, warga bisa tinggal dengan aman dan nyaman sehingga terus bersemangat menjalani kehidupan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement