Advertisement

DLHK DIY Mendorong Kalurahan Kelola Sampah Mandiri

Media Digital
Rabu, 24 Mei 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
DLHK DIY Mendorong Kalurahan Kelola Sampah Mandiri Kepala DLHK DIY Kuncoro Cahyo Aji /Ist

Advertisement

JOGJA–Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mendorong tiap kalurahan dapat mengolah sampah secara mandiri melalui Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, Recycle (TPS3R). Tahun ini DLHK DIY akan mendampingi 13 TPS3R di DIY.

Kepala DLHK DIY, Kuncoro Cahyo Aji menyatakan jawatannya terus berupaya mendorong tiap kalurahan dapat mengelola sampah melalui TPS3R. Hal ini penting karena kalurahan merupakan pemerintahan paling dekat dengan masyarakat.

Advertisement

“Dalam pengelolaan sampah, lurah bertugas menyosialisasikan kepada warganya agar mengolah dan memilah sampah dapur, kemudian setelah itu sampah diolah oleh DLH tingkat kabupaten/kota,” katanya saat ditemui di Kantor DLHK DIY, Rabu (24/5).

TPS3R merupakan pola pendekatan pengelolaan sampah dengan melibatkan peran aktif masyarakat yang menekankan pengelolaan sampah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Tahun ini ada 13 TPS3R yang tersebar di delapan kalurahan di Sleman dan Bantul yang akan didampingi. Selain itu, DLHK DIY juga memberikan bantuan peralatan dan pendampingan kelembagaan. “Target kami desa tidak membuang sampah keluar, jadi sampah bisa tersirkular [terkelola] TPS3R,” katanya.

BACA JUGA: Simpang Susun Purwomartani Tol Jogja Solo Bisa Terkoneksi Langsung ke Gunungkidul, Ini Desainnya..

Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLHK DIY, Ninik Sri Handayani mengatakan pada Mei ini program pendampingan mulai dilaksanakan. Pendampingan dilakukan karena volume sampah di Sleman dan Bantul lebih banyak dibanding daerah lain di DIY.

Ninik mengungkapkan selama ini pengelolaan sampah melalui TPS3R dilakukan kelompok swadaya masyarakat yang terpisah dari pengelolaan pemerintah kalurahan. Dalam pendampingan, DLHK DIY berupaya agar sinergisitas antara kelompok swadaya masyarakat dan kalurahan dalam pengelolaan sampah dapat terjalin. “Hasil akhir yang kami harapkan yakni sinkronisasi antara TPS3R dan kalurahan,” katanya. Dengan pendampingan tersebut, Ninik berharap setiap kalurahan dapat mengelola sampahnya secara mandiri. (BC)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement