Advertisement

Lomba Pemerintahan Desa, Tahap Klarifikasi Kalurahan Digelar

Media Digital
Rabu, 24 Mei 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Lomba Pemerintahan Desa, Tahap Klarifikasi Kalurahan Digelar Jajaran dari Biro Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY, Pemkab Bantul dan Pemerintah Kalurahan Timbulharjo, Sewon berfoto bersama saat kegiatan klarifikasi lapangan penilaian lomba kalurahan dan kelurahan se-DIY pada Rabu (24/5 - 2023). / ist

Advertisement

BANTUL—Biro Pemberdayaan Masyarakat Setda DIY melakukan klarifikasi lapangan dalam penilaian lomba kalurahan dan kelurahan se-DIY pada Rabu (24/5/2023) di Kalurahan Timbulharjo, Sewon, Bantul. Sejumlah aspek dinilai untuk melihat kelaikan kalurahan setempat.

Klarifikasi lapangan menjadi tahapan penilaian yang kedua dalam lomba kalurahan dan kelurahan se-DIY setelah sebelumnya digelar penilaian akreditasi. Tim juri yang terdiri dari berbagai dinas akan menilai berbagai aspek di Kalurahan Timbulharjo, Sewon mulai dari kesehatan, keamanan, lingkungan, pendidikan dan lain sebagainya.

Advertisement

Ketua Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Kalurahan dan Kelurahan DIY Sukamto menjelaskan, tema yang diangkat dalam lomba itu yakni Tata Kelola Pemerintahan yang Baik dalam Mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial Desa. Tiga aspek besar dinilai yakni pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan.

BACA JUGA: Hore Gaji Ke-13 ASN Cair Pekan Depan, Kemenkeu Siapkan Anggaran Besar

"Peserta lomba ada empat kalurahan masing-masing merupakan juara di level kabupaten atau kota," katanya, Rabu.

Pada tingkat DIY, kelurahan dan kalurahan yang ikut ada dua dari Kota Jogja satu dari Bantul, Kulonprogo dan Sleman. Setelah klarifikasi lapangan, tahapan penilaian selanjutnya adalah paparan oleh masing-masing lurah yang rencananya dilaksanakan pada 6-7 Juni mendatang.

"Klarifikasi lapangan yang sekarang punya bobot nilai yang sangat tinggi," katanya.

Menurut Sukamto, lomba ini tidak semata-mata hanya mencari juara tapi ingin memberikan motivasi kepada kalurahan lain dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan. "Yang lebih penting bisa mandiri. Juga sebagai pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kalurahan," jelas dia.

Bupati Bantul Abdul Halim Muslih mengatakan, lomba kalurahan ini selaras dengan visi gubernur yang fokus pada reformasi kalurahan. Pihaknya juga sudah lama punya program evaluasi kinerja kalurahan oleh inspektorat untuk menilai akuntabilitas kalurahan. Sejauh mana rencana, anggaran, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan kalurahan dapat mencapai akuntabilitas kinerja yang baik.

"Telah juga dilakukan fasilitasi baru kepada kalurahan yakni dengan adanya dana insentif kalurahan. Ini bertujuan mendorong dan memotivasi kalurahan agar punya akuntabilitas dan kinerja yang baik. Besar harapan kami Timbulharjo dapat penilaian yang proporsional dan jadi wakil DIY di tingkat nasional," jelasnya. (BC)

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement