Advertisement

Berada Tepat di Depan YIA, Exit Tol Jogja Solo di Kebonrejo Dibikin 2 Jalur

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 24 Mei 2023 - 16:37 WIB
Arief Junianto
Berada Tepat di Depan YIA, Exit Tol Jogja Solo di Kebonrejo Dibikin 2 Jalur Warga sedang mengikuti konsultasi publik Jalan Tol Jogja-YIA di Kalurahan Kebonrejo pada Rabu (24/5/2023). - Harian Jogja/Andreas Yuda Pramono

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tim Persiapan Pengadaan Lahan proyek tol Jogja-YIA terus melakukan konsultasi publik di yang menjadi syarat terbitnya izin penetapan lokasi (IPL). Di Kalurahan Kebonrejo, Kapanewon Temon, konsultasi publik dilakukan selama dua hari. Sebanyak 451 bidang tanah dari seluruh padukuhan terdampak tol.

Lurah Kebonrejo, Sao Wijaya W.I mengatakan bahwa exit toll akan dibangun di Padukuhan Weton yang berada tepat di utara Internasional Yogyakarta Airport (YIA).

Advertisement

"Semua padukuhan di Kebonrejo itu dilewati tol. Terlebih exit toll akan dibangun di depan atau utara bandara yang masuk Padukuhan Weton," kata Sao ditemui di kantornya, Rabu (24/5/2023).

Dia menjelaskan, exit toll yang berujung di depan bandara akan melintasi kantor Kalurahan Kebonrejo. Dengan begitu kantor tersebut kemungkinan besar akan dipindah. Hanya saja Sao mengatakan belum tahu calon lokasi kantor yang baru.

BACA JUGA: Tol Jogja YIA Rampung 2025, Konsultasi Publik Lanjutan Digelar Pertengahan Mei 2023

Dia menambahkan bahwa trase yang melewati Bebonrejo ada dua. Pertama trase exit toll yang menuju langsung ke bandara dan yang kedua trase untuk jalan umum yang terkoneksi dengan exit toll. "Cabang exit toll-nya dua di depan bandara. Pokoknya untuk keluar menuju bandara dan ke Kulonprogo atau Purworejo beda," katanya.

Dari 451 bidang tersebut, sebanyak empat makam dan dua masjid serta dua musala akan terdampak proyek tol. Lebih jauh, Sao menerangkan bahwa trase jalan untuk umum tersebut nantinya terkoneksi dengan jalur Bedah Menoreh di sisi utara Kebonrejo.

Ketika dikonfirmasi, Staf Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Tol Jogja-Solo, Aulia membenarkan bahwa exit toll akan dibuat untuk trase menuju YIA dan Kulonprogo kota serta Purworejo.

Sementara itu, salah satu warga Padukuhan Weton, Heru mengatakan rumah dan pekarangannya terkena proyek tol Jogja-YIA. "Lahan milik saya yang terkena tol sekitar 600 meter persegi. Itu sudah sama rumah," kata Heru ditemui di sela-sela konsultasi publik di Kalurahan Kebonrejo pada Rabu.

Heru mengaku belum memiliki calon lokasi pindah apabila rumahnya benar akan dirobohkan untuk membangun tol. Dia masih menunggu proses pematokan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Darurat, Kasus Demam Berdarah di Amerika Tembus 5,2 Juta, 1.800 Orang Meninggal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement