Advertisement

Pawai Alegoris Jogja Digelar Lagi Tahun Ini, Tampilkan Sejarah Kampung-Kampung di Kotagede

Triyo Handoko
Sabtu, 27 Mei 2023 - 00:57 WIB
Arief Junianto
Pawai Alegoris Jogja Digelar Lagi Tahun Ini, Tampilkan Sejarah Kampung-Kampung di Kotagede Suasana kemeriahan Pawai Alagoris 2022 di Bendungan Lapen, Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jogja akan menggelar Pawai Alegoris, hari ini, Sabtu (27/5/2023). Event rutin tahunan ini digelar di Jalan Kemasan sampai di Jalan Mondorakan, Jogja.

Pawai Alegoris menampilkan beragam atraksi seni dari 12 sanggar seni di Kota Jogja. Tujuan event wisata ini untuk mendongkrak kunjungan wisatawan dan daya tarik khusus bagi pelancong.

Advertisement

Kepala Dispar Kota Jogja, Wahyu Hendratmoko menjelaskan tema Pawai Alegoris untuk tahun ini adalah Harmony of Kotagede. Tema ini mengusung sejarah toponimi kampung-kampung yang berada di kawasan Kotagede, berdasarkan tokoh-tokoh yang ada di dalam toponimi kampung tersebut.

"Adapun ide dan gagasan ini diharapkan dapat mengenalkan pengetahuan secara lebih luas tentang sejarah nama atau toponim kampung-kampung yang ada di kawasan Kotagede,” kata Wahyu, Jumat (26/5/2023).

BACA JUGA: Pawai Alegoris “Harmony of Patirtan”

Wahyu menyebut Pawai Alegori merupakan event wisata rutin Pemkot Jogja. “Pertama kali event ini diselenggarakan pada 2021, ini rutin diselenggarakan tujuannya agar jadi salah satu ikon wisata Kota Jogja yang diharapkan memperpanjang lama tinggal wisatawan juga,” ujarnya.

Melalui tema Harmony of Kotagede, jelas Wahyu, wilayah yang dikenal sebagai salah satu pusat Mataram di masa lalu ini banyak diminati wisatawan untuk dikunjungi. “Kotagede memiliki nilai kesejarahan tinggi dan otentik dalam peta sejarah berdirinya Mataram Islam di Jogja,” jelasnya.

Pemilihan Kotagede, lanjut Wahyu, untuk branding tiga kawasan cagar budaya yaitu Kotagede, Kotabaru dan Pakualaman. “Tiga Kawasan ini akan kami kembangkan terus dengan event wisata yang menarik,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement